Delapan Anggota Yon Armed Jalani Sidang

 404 total views,  3 views today

Delapan-anggota

Lima Anggota Yon Armed saat menjalani sidang | Dok KS

PALEMBANG, KS –Sidang militer terkait pengrusakan dan pembakaran Mapolres OKU dan Mapolsek Martapura, yang dilakukan anggota Yon Armed 15/76 Tarik OKUT Martapura kembali digelar di  Oditurat Militer (Otmil) 1-04 Palembang Jalan Kolonel H Barlian Km 5,5, Rabu  (28/5).

Dalam sidang lanjutan tersebut mengagendakan putusan Majelis Hakim kepada anggota Yon Armed 15/76 Tarik OKUT Martapura dengan menghadirkan delapan terdakwa dalam dua berkas.

Ruang utama persidangan dipimpin Ketua Majelis, Letkol Sus Reki Irene dan anggota Mayor Chk Ramlan serta Mayor Sultan. Dalam ruangan tersebut menghadirkan lima terdakwa yakni, kopda Hilmi Chalayo, Praka Henri  Waluyo, Pratu Albretus Sattu, Pratu Muhaman Anwar dan Prada Hasren.

Ketua Majelis Letkol Sus Reki Irene dalam membacakan putusan sidang mengatakan, kelima terdakwa telah terbukti  dan sah secara terangan-terangan dan tenaga dengan bersama menggunakan kekerasa terhadap  barang dan orang, serta telah melanggar hukum. Maka dalam sidang militer mempidanan terdakwa dengan pidana.

“Terdakwa Kopda Hilmi Chalayo dan Praka Henri  Waluyo dijatuhi hukuman penjara selama 8 bulan. Terdakwa Pratu Albretus Sattu, penjara selama  10 bulan, terdakwa Pratu Muhaman Anwar hukuman penjara selama 6 bulan dan terdakwa Prada Hasren dengan hukuman selama 9 bulan serta membebankan biaya perkara kepada masing-masing terdakwa dengan biaya sebesar Rp 5.000,” ungkapnya.

Mendengar putusan tersebut, lima anggota pun berkoordinasi dengan kuasa hukumnya  dan meminta waktu pikir-pikir selama 7 hari, begitu juga dengan auditor sidang.

Ditempat terpisah, persidangan yang digelar di tenda yang berada di halaman Outmil 1-04 Palembang, dipimpin  Majelis Hakim LTK CHK Sutrisno Setio Utomo didampingi Hakim anggota Mayor CHK Nanik Suwarni dan Mayor CHK Koswara.

Dalam sidang tersebut menghadirkan tiga terdakwa yaitu Pratu Indro Prakoso, Serda Andri Septiansyah dan Pratu Yosrizal.

Sidang yang dimpin oleh Majelis Hakim LTK CHK Sutrisno Setio Utomo menjatukan tuntutan kepada tiga terdakwa yaitu Pratu Indro Prakoso hukuman selama 1,3 bulan.

Serda Andri Septiansyah hukuman selama 1 tahun dan kepada terdakwa Pratu Yosrizal hukuman selama 10 bulan. Ketiga terdakwa melalui kuasa hukumnya pun meminta waktu berfikir selama tujuh hari.

Teks/foto  : Oscar Ryzal

Editor        : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster