Jufrianto Layak Dipanggil Timnas

 277 total views,  2 views today

HL--JUFRIYANTO

JUFRIYANTO

PALEMBANG | KS-Termasuk dalam daftar 21 pemain yang disiapkan timnas Indonesia guna menghadapi partai persahabatan melawan Belanda pada (7/6) mendatang, nama Ahmad Jufrianto disebut pelatih Sriwijaya FC (SFC), Kas Hartadi sangatlah wajar terselip.

Tampil konsisten dan menjadi langganan starter di tim besutannya, kemampuan Jufrianto memang layak diganjar dengan jersey merah putih Indonesia. “Dia tampil konsisten dan tampil maksimal sebagai pemain bertahan. Jadi ini merupakan hal yang wajar jika dia mendapat panggilan timnas,” kata Kas Hartadi.

Lebih dari itu, dengan kemampuannya dapat bermain dibeberapa pos juga menjadi nilai lebih bagi dirinya. Jupe (demikian Jufrianto disapa), dapat diandalkan sebagai alternatif strategi timnas meladeni permainan timnas Belanda yang terkenal dengan total football.

Sebab, secara penampilan Jupe memang bisa disebut sebagai salah satu gelandang maupun pemain bertahan terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini bersama Immanuel Wanggai, Victor Igbonefo serta beberapa nama lainnya.

“Dia pemain yang bagus. Mampu tampil baik dan konsisten dimanapun dia dipasang. Apalagi dengan kemampuannya menjadi eksekutor bola mati, Jupe dapat diandalkan sebagai pemecah kebuntuan lewat situasi bola mati,” ujar ayah dari King Eric Cantona.

Mengenai apakah pemanggilan Jupe akan menganggu persiapan SFC melawan Persita pada (10/6) mendatang, Kas mengaku tidak terlalu khawatir. Sebab, para pemain yang dijadwalkan mengikuti pemusatan latihan pada 3-4 Juni sudah kembali ke klub masing-masing pada 8 Juni.

“Sama sekali tidak mengganggu latihan SFC, sudah dari timnas kan dia bisa langsung menyusul tim. lagipula Jupe akumulasi jadi ini memang seperti sebuah moment,” terang Kas.

Seperti halnya Kas, Manajer tim SFC, Robert Heri mengaku bangga dengan pemanggilan salah satu pemain SFC yang akan merapat ke timnas. Ini merupakan suatu hal yang patut disupport oleh siapapun, termasuk manajemen SFC sendiri.

“Kalau memang benar pemanggilan itu, jelas kita bangga. Salah satu pemain kita akan membela negara dengan melawan timnas Belanda nanti. Ini keuntungan bagi kita yang harus disuport,” kata Robert.

Sementara bagi sang pemain sendiri yang menjadi satu-satunya pemain SFC terpilih memperkuat timnas, Jufrianto mengungkapkan jika dirinya sangat tersanjung. Mendapat kehormatan atas penampilan ciamiknya dengan ganjaran kostum timnas Indonesia.

Apalagi pada kesempatan ini, Jupe akan bertemu para pemain top dunia layaknya Arjen Robben, Robin van Persie dan lain sebagainya. “Jelas ini sebuah kehormatan. Mendapat kesempatan dipanggil timnas dengan melawan salah satu tim raksasa dunia,” kata pemain berusia 26 tahun.

Untuk itu, pada kesempatan ini dia tidak akan menyia-nyiakan peluang. Jika diberi pelatih Jacksen F. Thiago kesempatan tampil, dia akan membuktikan agar secara terus menerus dapat dipanggil timnas. Terlebih Jupe membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk kembali memperkuat negara selama enam tahun.

Sebagai gambaran, pertama dan terakhir kalinya dia dipanggil yakni ketika Indonesia masih dibesut pelatih Ivan Venkov Kolev pada 2007. Kali itu, Jufrianto dipanggil sebagai pengganti Firmansyah yang mendapatkan cedera memperkuat timnas Indonesia di Piala Asia.

“Itulah terakhir kali saya mendapat panggilan. Waktu itu saya hanya menjadi cadangan tanpa pernah tampil. Dan belajar dari situ saya ingin pada kesempatan kedua ini dapat menjadi andalan kala menjalani debut,” ujarnya.

Sebagai informasi, Jufrianto dipanggil Badan Tim Nasional (BTN) atas dasar rekomendasi pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F. Thiago dalam rilis 21 pemain yang akan menghadapi laga persahabatan dengan kontra timnas Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno,  (7/6) mendatang.

Dari tim Laskar Wong Kito, dia tercatat sebagai satu-satunya pemain setelah nama-nama langganan seperti Abdul Rahman dan Ponaryo Astaman untuk sementara ditinggal lantaran Jufrianto dinilai performanya lebih baik.

TEKS       :SADAM MAULANA

EDITOR :RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster