Disdik Sumsel Tanggapi Pernyataan Maphilinda

 281 total views,  2 views today

pendidikianPALEMBANG | KS-Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Widodo, menanggapi perkataan calon wakil Gubernur (Cawagub) Maphilinda saat debat calon gubernur dan wakil gubernur di salah satu stasiun TV Swasta beberapa minggu lalu yang mengeluhkan tidak adanya AC di SMA 1 Palembang tempat anaknya sekolah sejak adanya program sekolah gratis.

Menurut  Widodo,  Pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) tidak termasuk dalam fasilitas program sekolah gratis yang dicanangkan pemerintah, karena AC merupakan fasilitas untuk sekolah elit.

 “ SMA 1 Palembang adalah Sekolah Standar Nasional (SSN). Jika ingin ada AC ya masuk ke sekolah yang mahal donk, tidak ada yang melarang asalkan orang tuanya mampu membiayai anaknya masuk ke sekolah elit. Program sekolah gratis itu kan dibuat untuk orang yang susah, yang ekonominya minim namun dengan adanya sekolah gratis kan anaknya dapat bersekolah untuk menuntut ilmu,” ujarnya.

Dikatakannya, bagi sekolah yang mampu untuk menggunakan AC dipersilahkan karena tidak ada larangan untuk itu, akan tetapi dirinya menegaskan pihak sekolah dilarang mengambil pungutan terhadap siswa nya.

Sementara itu, Ketua Tim Pengelolah Program Sekolah Gratis Sutarman menjelaskan, sekolah gratis maksudnya dibebaskan dari biaya operasional yakni biaya yang selama ini seharusnya dibayarkan orang tua ditangung oleh pemerintah. Sedangkan, biaya personal merupakan tanggung jawab masing-masing orang tua.

Yang dimaksud biaya operasional yakni biaya mulai dari anak masuk hingga tamat sekolah, jadi kalau sebelumnya membayar biaya pendaftaran sekarang tidak ada lagi karena sudah dibayari pemerintah. “ Demikian pula dengan mutu pelajaran tidak ada masalah, karena sekolahnya yang gratis. Dari sisi kualitas tidak ada alasan untuk turun, karena dari biaya itu sendiri sudah di atas standar minimal pendidikan,” ungkapnya.

TEKS       : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster