60 Persen Koperasi Tidak Aktif

 175 total views,  4 views today

PALEMBANG, KS-Koperasi adalah salah satu soko guru perekonomian Indonesia, namun sayangnya  bak kata pepatah mati segan hidup tak mau. Begitu juga dengan kondisi koperasi di Kota Palembang.

Wakil Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kota Palembang, Kemas Idham, mengatakan, hanya 40 persen saja koperasi di Palembang yang masih aktif.

Hal itu menurutnya, disebabkan  kurang sadarnya masyarakat terhadap pentingnya koperasi. “Dari 1.003 koperasi yang ada di Palembang, hanya 400 koperasi yang aktif. Sisanya 603 koperasi sekarang sudah tidak aktif,” jelas Idham ketika dibincangi di ruang kerjanya,  Selasa (28/5).

 Umumnya kata Idham, koperasi yang masih aktif saat ini adalah koperasi pegawai negeri sipil (PNS). Ada juga koperasi  swasta dan simpan pinjam, yang masih aktif. Sementara koperasi sekolah, koperasi rumah tangga kebanyakan, sudah tidak aktif lagi.

 “Koperasi yang aktif sebagian besar koperasi pegawai, baik swasta maupun negeri dan koperasi simpan pinjam, kalau koperasi lainnya sudah banyak yang tidak aktif,”ujarnya.

Penyebabnya sebut dia, selain kurang sadarnya masyarakat akan manfaat koperasi,  juga dikarena pengurus dan anggota yang hanya aktif pada awal-awal pendirian saja. Ketika sudah berjalan di pertengahan, sudah banyak yang menyerah atau stagnan.

Idham berharap, kesadaran masyarakat kembali tumbuh. Karena jika koperasi sudah berkembang dapat memberikan manfaat, terhadap masyarakat. Selain itu paradigma yang memandang koperasi hanya sebatas tempat meminjam uang, juga perlu dirubah. Sebab koperasi, dapat menciptakan kemajuan bangsa.

“Kita contohkan di negara-negara maju, koperasi berperan sebagai perkembangan perekonomian negaranya. Seperti Jepang dan banyak lagi negara lainnya, padahal yang kita ketahui dahulu kala, mereka belajar ke kita,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster