Kotak Suara Langsung Dikirim ke PPK

 142 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Walau tengah menghadapi kekisruhan hasil pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Kota Palembang, paska keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan SK KPU Kota Palembang Nomor 34 tahun 2013 tentang Rekapitulasi Suara Pemilukada Palembang.

Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, sejak beberapa hari terakhir mulai melakukan persiapan pelaksanaan pemilukada Sumatera Selatan (Sumsel).  Dalam pemilukada Sumsel tersebut, ada beberapa aturan yang dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan.

Salah satunya menurut Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyani, kotak suara pasca perhitungan yang dilakukan oleh kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) di tempat pemungutan suara (TPS),  tidak lagi menginap di panitia pemungutan suara (PPS) atau kelurahan. Namun akan langsung ditarik ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

“Kebijakan ini, berbeda saat pelaksanaan pemilukada Palembang, 6  April lalu. Saat itu, kotak suara sempat menginap satu malam di PPS. Namun KPU Sumsel mengambil kebijakan, untuk langsung menariknya ke PPK,” jelas Eftiyani ketika dibincangi di ruang kerjanya,  Senin (27/5).

Sehingga sebut dia, hanya rekapitulasi suara saja yang akan dikirim oleh PPS ke PPK.  Sebagai konsekuensinya, KPU Kota Palembang menyiapkan satu kotak khusus untuk penampung hasil rekapitulasi suara di masing-masing PPS.

KPU sambung Eftiyani, tidak kesulitan untuk memenuhi itu. Karena jumlah stok kotak suara milik KPU Palembang masih mencukupi.  “Ada 2.650 kotak suara yang harus kita siapkan untuk pemilukada Sumsel, ditambah dengan 107 kotak khusus untuk menampung rekapitulasi suara di masing-masing kelurahan. Kotak suara itu sudah ada, dan tidak mengganggu kotak suara yang dipakai di pemilukada Palembang,” ujarnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Palembang, Rudi Panggaribuan menambahkan, saat ini sudah 80 logistik untuk pemilukada Sumsel sudah diterima oleh KPU Kota Palembang.

KPU Palembang sambungnya, sejak Minggu (26/5) sudah mulai melipat kertas suara sebanyak 1.172,9 surat suara sesuai dengan jumlah mata pilih yang terdaftar dalam mata pilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

“Diprakirakan Selasa malam, surat suara itu sudah selesai dilipat. Saat ini, ada 224 personil yang kita kerahkan untuk melipat kertas suara tersebut. Untuk sementara ada 74 kertas suara yang rusak, jika semua telah selesai kita akan surati KPU Sumsel untuk meminta pengganti surat suara yang rusak tersebut,” bebernya.

Selain kertas suara, sejumlah logistik lainnya juga sudah diterima seperti tinta dan alat kelengkapan lainnya. Sedangkan untuk kotak suara, diambil dari stok kotak suara yang dimiliki KPU Kota Palembang. “Semua logistik itu, kita targetkan pada H-3, sudah di distribusikan ke PPK. PPK lah nantinya meneruskan untuk di distribukan ke KPPS,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster