Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

 263 total views,  2 views today

INDERALAYA-Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten  Ogan Ilir menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan wakil gubernur, Sumatera Selatan (Sumsel), pada 6 Juni mendatang dapat menyentuh angka persentase 80 persen.

Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan KPU Ogan Ilir untuk meningkatkan partisipasi pemilih tersebut diantaranya dengan melakukan sosialisasi pemilih pemula hingga sosialisasi pemutakhiran data pemilih kepada PPK maupun partai politik.

Ketua KPU Ogan Ilir, Amrah Muslimin, disela-sela acara Sosialisasi dan Implementasi Peraturan dan Aplikasi Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih), dengan PPK dan parpol pemilu legislatif tahun 2014, di Inderalaya, Rabu (22/5), mengatakan, saat ini, jumlah daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Kabupaten Ogan Ilir mencapai 303.436 orang.

“Ya, kami optimis tingkat partisipasi pemilih pada pilkada Sumsel sekitar 80 persen. Ini dibuktikan dengan antusiasnya masyarakat dalam mengikuti berbagai sosialisasi dilakukan,” katanya.

Amrah merincikan, dari jumlah tersebut, sebanyak 150.978 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan sebanyak 152.458 pemilih perempuan. Sedangkan umlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni sebanyak 891 unit dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), sekitar 241.

Khusus bagi masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih, sambung Amrah, berdasarkan amar putusan MK menyatakan setiap individu berhak melakukan pencoblosan dengan melampirkan Kartu tanda Penduduk.

“Pencoblosan pun harus dilakukan didaerahnya sendiri, sesuai dengan alamat yang ada di KTP. Ya, tinggal menunjukkan KTP ke PPS,” ujarnya.

Amrah menambahkan, hingga hari terakhir perbaikan berkas bacaleg, sampai saat ini sekitar 12 parpol telah mengembalikan berkas bacaleg tersebut. “Kini kami masih akan melakukan verifikasi berkas bacaleg selama satu pekan ke depan,” tuturnya.

Usai melakukan verifikasi berkas, selanjutnya akan diputuskan Daftar Calon Sementara (DCS). Setelah itu pihaknya akan mengumumkan bacaleg selama 14 hari untuk waktu sanggah.

“Alhamdulillah untuk kesiapan surat suara sampai hari ini (kemarin) mulai di droping ke KPU. Proses pelipatan rencananya dilakukan di gedung Polres Ogan Ilir. Ada sekitar 2,5 persen cadangan surat suara guna mengantisipasi kekurangan surat suara. Kita juga akan memprioritaskan pendistribusian surat suara ke Kecamatan Pemulutan Selatan karena kecamatan itu sebagain besar merupakan daerah perairan,” pungkasnya.

Teks       : Junaedi Abdillah

Editor   : Mustaqiem Eska





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster