“Guru Harus Kreatif Menulis”

 179 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSSeminar Guru Menulis yang menjadi rangkaian kegiatan Multi event and X-tra Ordinary (Max) 2013 Sumsel yang digelar Harian Umum Radar Palembang yang bekerja sama dengan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumsel menjadi salah satu gerakan untuk meningkatkan kualitas guru di Sumsel. Dalam kegiatan ini, para guru dilatih untuk kreatif dalam menulis, baik dalam bentuk karangan fiksi maupun non fiksi.

Marjohan, Narasumber yang sekaligus Guru Terbaik Nasional Piala Presiden 2012. Untuk menjadi guru yang berkualitas, haruslah dimulai dari rajin membaca dan menulis. “Penulis harus kreatif menulis, mengikuti aturan menulis, dan harus rajin membaca karena menulis harus ada proses. Guru pun harus bisa menulis, karena dengan menulis, kreativitas kita akan terbangun, dan dengan menulis juga bisa membawa guru tidak hanya berwawasan luas tapi juga bisa mendapatkan pengalaman lebih dari menulis”ujarnya.

Menurutnya, dengan menulis, bisa keliling negara besar di dunia, itu sudah dirasakannya.
Dengan membagi kisah perjalanannya sebagai seorang pemenang Guru Terbaik Nasional Piala Presiden 2012, Marjohan ingin memberikan motivasi kepada para guru agar bisa mengikuti jejaknya. Sehingga, guru tidak hanya bisa mengajar di sekolah saja, tapi juga bisa mendapatkan pengalaman lebih di luar sekolah.

“Untuk seleksi di tingkat provinsi, saya harus bersaing dengan dua guru terbaik dari Payakumbuh dan Bukittinggi dan saya pun terpilih mewakili Sumbar untuk mengikuti ajang ini di tingkat nasional, sampai akhirnya saya menjadi pemenang. Saat ini ada sekitar 7 buku yang saya tulis. Di antaranya menceritakan tentang perjalanan saya ke berbagai negara, seperti Melbourne,” urainya.

Dalam rangkaian kegiatan ini, ada beberapa perlombaan yang digelar seperti PAUD Gemilang, Lomba menulis dan mendongeng “Bakti Guru Untuk Sumsel” dan lomba mewarnai tingkat TK dan SD.

Sementara itu, Asih Ketua Pelaksana Kegiatan Max Sumsel 2013 mengungkapkan lomba ini memperebutkan trofi gubernur dan hadiah menarik lainnya.

TEKS       : AMINUDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster