Sarimuda-Nelly Dipersilahkan Daftarkan Gugatan

 385 total views,  2 views today

sarimuda-neelly

Sarimuda – Nelly | Foto : Dok KS

JAKARTA KS Majelis Hakim Konstitusi memutuskan menerima sebagian gugatan yang diajukan pasangan Romi Herton-Harnojoyo, dan memutuskan pasangan Romi Herton- Harnojoyo sebagai pemenang Pilkada Palembang dengan keunggulan 23 suara.

Pacsa keputusan ini, pihak MK memerintahkan KPU Kota Palembang untuk menetapkan pasangan Romi Herton-Harnojoyo sebagai pemenang Pilkada Palembang. Meskipun sudah dimenangkan oleh MK sebagai pemenang Pilkada Palembang, namun ternyata Romi-Harno juga belum bisa dipastikan dilantik menjadi walikota dan wakil walikota Palembang terpilih.

Kepastian ini didapatkan karena  pihak Sarimuda-Nelly Rasdiana juga akan memasukan gugatan ke MK setelah KPU Palembang nantinya menetapkan pasangan Romi Herton- Harnojoyo sebagai walikota dan wakil walikota Palembang terpilih.

Menanggapi ini, ketua MK  mempersilahkan pihak Sarimuda-Nelly Rasdiana untuk mendaftarkan gugatan ke MK pasca ditetapkannya Romi Herton-Harnojoyo sebagai walikota dan wakil walikota Palembang terpilih berdasarkan keputusan MK. Namun kepastian apakah gugatan tersebut akan dilayani atau tidak akan dinilai kemudian oleh majelis hakim konstitusi.

“Secara normatif, penetapan KPU yang menjadi objek sengketa pemilukada adalah Keputusan KPU pasca rekapitulasi hasil pemungutan suara, bukan pasca Putusan MK. Namun demikian, apabila ada pasangan yang bermaksud mengajukan gugatan terhadap keputusan KPU pasca putusan MK, hal tersebut tidak dilarang oleh MK. Nanti majelis Hakim Konstitusi akan menilai keabsahan gugatan tersebut melalui persidangan secara terbuka,” ujarnya.

TEKS        : DICKY WAHYUDI

EDITOR  : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster