Polres Amankan 28 Ton Minyak Mentah

 157 total views,  2 views today

INDRALAYA. – Setelah beberapa waktu lalu mengamankan minyak mentah ilegal. Kali ini, Jajaran Mapolres Kabupaten Ogan Ilir, kembali mengamankan minyak mentah (Crood Oil) di Jalan Lintas Timur (Jalintim) tepatnya diatas jembatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.

Sebuah mobil Fuso warna hijau dengan novel B 9375 OM muatan minyak mentah sebanyak 28 ton diamankan0, Senin (20/5) kemarin.sekitar pukul 12.00 Wib

Pengemudi mobil tersebut bernama M Yusuf, warga Pasar Bintang Jayanti Kecamatan Tanggerang, dan seorang kernet Suhendri (29), warga Kampung Jeret Sukabelanti Tanggerang juga diamankan lantarab membawa minyak yang diduga hasil curian tersebut dari Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasian dengan tujuan Lampung.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, siang itu, petugas yang sedang patroli melihat mobil fuso yang mencurigaan tersebut. Benar saja, saat dicegat dan diintrograsi, pengemudi dan kernet tersebut mengakui, bahwa minyak mentah tersebut hasil curian di daerah Babat Toman, yang diambil dari sumur tua di daerah tersebut. Petugas pun menggiringnya ke Mapolrtes OI untuk di proses lebihlanjut.

Dihadapan petugas, pengemudi dan kernet mobil tersebut mengakui, minyak yang dibawaknya tersebut milik Torik, warga Palembang. “Minyak ini akan kita bawak ke Lampung, dari Babat Toman Kecamatan Musi Banyuasi,” ujarnya keduanya.

Kasat Reskrim AKP Edi Rahmat Mulyana Sik menurutnya, pihaknya sudah menghubungi pemiliknya, Torik. “Dia mengakui kalau minyak ini miliknya, dan kita sudah memintanya untuk ke Polres, dan saat ini sudah dalam perjalanan,” ujarnya.

Ia menambahkan, tersangka terancam hukuman penjara selama tiga tahun. “Pasal 53 Undang-Undang No 22 tahun 2001 tentang migas,” tukasnya yang juga didampingi Kanit Pidum  IPTU Herli Setiawan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, beberapa waktu lalu jajaran Polres Ogan Ilir juga berhasil mengamankan mobil tangki angkutan minyak mentah nopol BE 9348 GF yang ilegal, selain mengamankan tengki mobil yang berisikan 25 ton, petugasnya juga menggiring seorang sopirnya berinisial Yan (32) warga Lampung Tengah.

Penangkapan mobil tengki minyak yang ilegal itu dilakukan, Rabu, (15/5) lalu, sekitar pukul 02.20 Wib dini hari dikawasan Kelurahan Tinbangan 32 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Sementara sehari sebelumnya waktu itu, Sat Reskrim Polres Ogan Ilir juga berhasil menangkap tersangka Muja (31) Warga Perum Cinta Manis Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir, Muz (58) Warga Desa Sri Bandung dan Sin (30) Operator SPBU Aditia Km 28 Indralaya.

Ketiga tersangka tertangkap tangan, karena menyalahgunakan angkutan atau niaga bahan bakar minyak yang disubsidi oleh pemerintah, dan mengamankan kendaraan  kijang kapsul warna biru metalik nopol BG 1562 PE beserta tangki mobifikasi berkapasitas 990 liter berisikan BBM jenis solar sebanyak 990 liter.

Teks       : Junaedi Abdillah

Editor   : Mustaqiem Eska





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster