Harga Ikan Segar di Palembang Turun Drastis

 327 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Harga ikan air tawar segar jenis sepat ukuran sedang dijual pedagang pada pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang, Selasa tercatat Rp8.000 per kilogram, atau turun drastis dibandingkan  sebelumnya mencapai Rp18 ribu per kg.

Menurut Robin, pedagang di pasar tradisional tersebut bahwa turunnya harga ikan air tawar jenis sepat karena pasokan barang melimpah.

Pasokan ikan air tawar jenis sepat didatangkan pedagang pengumpul ke pasaran melimpah, karena para petani melakukan panen secara bersamaan.

Menurut dia, selain sepat jenis ikan air tawar lainnya yang harganya mengalami penurunan secara drastis adalah ikan lais ukuran sedang biasanya Rp40 ribu per kg, sekarang hanya kisaran Rp20 ribu per kg.

Khusus ikan lais, biasanya di pasar tradisional tersebut dari puluhan jumlah pedagang, paling ada satu atau dua pedagang saja yang menyediakan ikan lais, itupun jumlahnya terbatas.

Namun sekarang ada beberapa pedagang baik di pasar Kelurahan 7 Ulu maupun di Pasar Simpang Sungki juga menyediakan jenis ikan lais dengan jumlah stok masing-masing cukup banyak.

Sementara, calon pembeli juga cukup ramai karena yang bisanya tidak mengkonsumsi, karena harganya murah malah tertarik.

Berbeda dengan pedagang daging ayam potong, sekarang justru sepi pembeli, karena harga jual tinggi mencapai Rp27 ribu per kg.

Menurut Ny Rogayah, pedagang di pasar tersebut bahwa biasanya setiap hari pukul 10.00 WIB dagangan daging ayam potong sudah habis, tapi sekarang justru masih banyak tersedia stok.

“Sekarang ini banyak pelanggan beralih membeli ikan air tawar, karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan daging ayam potong,” katanya.

Teks     : Wardoyo

Editor : Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster