Telan Dana Rp 28 M, Untuk Penerangan Jalan

 349 total views,  2 views today

lampu-kota

Ilustrasi Lampu Kota | Foto : Dok KS

PALEMBANG KS Penerangan Jalan yang ada di Kota Palembang setidaknya menghabiskan dana kisaran Rp 2,6 sampai Rp 2,8 Miliar perbulan. Demikian diungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang, Andi Wijaya Busro kemarin (20/5).

Menurutnya, ada 24 ribu titik lampu jalan di Kota Palembang. Sebagian lampu sudah menggunakan lampu hemat energi (LED) dan sebagian lainnya lampu biasa. Adapun dalam melakukan pemeliharaan lampu jalan dilakukan secara optimal untuk terus menerangi setiap sudut kota.

“Biaya beban listrik yang mesti dibayar mencapai Rp2,8 miliar per bulan. penerangan jalan, sebelumnya, Rp 2 miliaran, kenaikan ini seimbang dengan penambahan lampu jalan. Tahun ini saja, ada penambahan lampu jalan lebih kurang 3000 titik di Kota Palembang, jadi jika di total jumlah 27ribu lampu jalan,” terangnya.

Sambung Andi, Selain pembiayaan lampu jalan tersebut, ada juga anggaran pemeliharaan untuk lampu jalan, yakni sebesar Rp 125 juta perbulan. Tingginya biaya pemeliharaan itu tentunya akan terus mereka tekan dengan pengamanan lebih optimal, karena sampai sekarang,masih banyak lampu jalan yang hilang. Bahkan termasuk juga pencurian kabel listrik.
“Rp 125 juta tersebut, khusus untuk pemeliharan lampu jalan, termasuk untuk mengganti lampu yang sudah uzur dan lainnya. Sedangkan untuk Efisiensi biaya beban listrik kami juga lakukan dengan mengganti lampu hemat energi, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak merusak ataupun mencuri, karena ini akan merugikan masyarakat banyak. Sejauh ini, memang ada beberapa kabel yang hilang, sehingga lampu jalannya tidak berfungsi,” katanya.

Masih kata Andi, Dalam melakukan pengamanan lampu jalan ini, pihaknya bekerjasama dengan Pol PP, untuk melakukan pengamanan dan langsung menerjunkan petugas mereka untuk selalu mengecek di lapangan“Untuk pengamanan tetap kita lakukan bersama Pol PP, dengan terus melakukan monitoring dan menjaga barang yang sudah di pasang,”tukasnya.

TEKS       : ALAM

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster