Baru 40 Persen Terdata

 211 total views,  2 views today

bps

Badan Pusat Statistik | Foto : Net

PALEMBANG, KS- Pendataan yang dilakukan oleh Badan Pusat statistik(BPS) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di bidang Pertanian yang telah dilakukan sejak awal Mei lalu, kemarin pendataan baru selesai 40 pesen lebih.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Bachdi Ruswana, saat di temui di ruang kerjanya, Senin (20/5).

“Sensus yang kita lakukan adalah dibidang pertanian, hal ini dilakukan adalah untuk memutakhirkan data pertanian secara nasional. Ini merupakan kegiatan nasional ke enam kali, dan di lakukan setiap 10 tahun sekali, jelas Bachdi.

Ia menyebut dalam melakukan sensus pertanian itu, BPS menurunkan sebanyak 7.528 petugas untuk melakukan pendataan terhadap lebih kurang 1,2 juta petani di Sumsel.

“Kita targetkan sensus tersebut akan selesai minggu ini, Insya Allah bisa sesuai target. Karena dalam melakukan sensus ini, kami merekrut petugas langsung dari wilayah yang akan di sensus jadi mereka sudah paham dengan petani-petani yang ada di daerahnya,” terangnya.

Sensus ini jelasnya, dilakukan untuk mengetahui kondisi pertanian di Indonesia termasuk Sumsel. Dari kondisi itu kata Bachdi, bisa diketahui perekonomian masyarakat.

Sebab mayoritas penduduk Indonesia, adalah petani termasuk di Sumsel. “Sensus pertanian ini dilakukan dengan cara, pengumpulan data melalui pendataan petani, rumah tangga pertanian dan perusahaan pertanian yang terdapat di wilayah Sumsel,”ujarnya

Lebih jauh Bachdi menjelaskan, dalam pengumpulan data yang kami lakukan, dilakukan langsung pada objek yang bersangkutan, seperti untuk mendapatkan data hasil panen dilakukan dengan penimbangan hasil langsung dari sawah.

“Sensus ini akan sangat membantu dalam mengurangi kemiskinan, karena hasil dari pendataan itu dapat digunakan pemerintah untuk mengambil kebijakan lebih lanjut. Sehingga dengan menggunakan data tersebut, pemerintah nantinya dapat membuat berbagai program tentang pertanian sehingga perekonomian masyarakat terus meningkat,”jelasnya.

Masih kata Bachdi, selain itu pemerintah juga bisa mengetahui secara pasti ketahanan pangan yang ada di Sumsel.

“Kami apresiasi kepada masyarakat, karena telah mendukung sensus ini, dan telah terealisasi sebesar 40 persen. Kami juga mengharapkan agar warga khususnya petani, dapat membantu untuk menyukseskan sensus ini sampai selesai,”tukasnya.

Teks.      : Alam Trie Putera
Editor   : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster