SFC Maksimalkan Pemain Muda

 632 total views,  2 views today

maksimalkan-pemain-muda----

Khoirul Huda (SFC)

PALEMBANG | KS Tanpa tiga pilar ‘oncak’ saat menghadapi Persiwa Wamena di Stadion Pendidikan, Wamena, Jum’at (24/5) mendatang, pelatih Sriwijaya FC (SFC), Kas Hartadi mengungkapkan jika telah menyiapkan beberapa opsi nama pengganti.

Tidak adanya Abdul Rahman, Boakay Eddie Foday dan Tantan, arsitek asal Solo telah mensiasatinya jika akan menurunkan pemain muda sebagai pengganti. D antaranya yakni Khoirul Huda dan punggawa SFC U-21 yang baru saja dipromosikan ke tim senior, Rivan Nahumarury.

Dua pemain yang rencananya akan dicoba Kas tampil sebagai starter. Meski kesempatan tersebut belumlah pasti, karena Kas masih akan mempertimbangkan kesiapannya sebelum dipilih menjadi pilihan utama.

“Ketika pertandingan lawan Persidafon (16/5) usai kita mengetahui jika di lini depan dua pemain sekaligus harus absen, Tantan dan Foday, saya sebagai pelatih langsung mempertimbangkan beberapa nama pengganti yang di antaranya Huda dan Rivan,” ungkap Kas.

Kendati secara pengalaman kedua pemain tersebut masih hijau, namun Kas tetap berkeyakinan jika diberi kesempatan keduanya dapat menjawab kepercayaan. Seperti layaknya Huda yang pernah dipercaya sebagai starter pada musim lalu tepanya kala menghadapi Persiram Raja Ampat di Stadion Wombik.

Walaupun keputusan tersebut cukup spekulatif, namun Kas mampu menjawab keputusannya melalui penampilan apik Huda di laga debut. Huda yang tampil perdana menggantikan peran Firman Utina sukses mencuri perhatian pelatih berusia 42 tahun dengan satu assist. Hingga diakhir laga SFC keluar sebagai pemenang.

Walaupun sesungguhnya penampilan tersebut tidak membawa angin segar terhadap Huda yang sangat minim mendapatkan kesempatan musim ini. Bayangkan saja, hingga Laskar Wong Kito memainkan 19 partai di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, pemain asal Bangka baru menorehkan tiga caps. Yang mana kesemuanya hanya menjadi pengganti. Tetapi tetap tidak mempengaruhi kepercayaan ayah dari King Eric Cantona.

Demikian juga terhadap Rivan. Baru saja dipromosikan ke tim senior pada putaran kedua kompetisi, pemain jebolan Sociedad Anonima Deportivo (SAD) Uruguay belum pernah mengecap caps sama sekali. Tetapi tetap Kas yang sebelumnya melihat bakat besar di diri Rivan akan percaya dia dapat menjawab keraguan akan kapasitasnya.

“Masalah kualitas, saya pikir kedua pemain ini tidak jauh berbeda terhadap pemain lainnya. Mungkin hanya masalah mental dan jam terbang saja sebagai pembeda. Tapi itu tidak masalah dan akan matang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu,” ujar pelatih yang pada musim lalu sukses mempersembahkan gelar ISL terhadap SFC tersebut.

Mengenai pengganti Abdul Rahman, Kas menunturkan jika hal tersebut bukanlah masalah besar. Sebab, masih memiliki nama seperti Dodok Anang Zuanto dan Ahmad Jufrianto sudah menjadi jaminan lini belakang akan tetap kokoh. Terlebih sudah terbukti pada beberapa kesempatan Dodok mampu menjadi pengganti yang tetap di kala Rahman mesti di parkir.

“Dibelakang tidak ada masalah. Tidak ada Rahman kita masih ada Dodok maupun Jufrianto yang saya pikir tidak kalah dari Rahman,” terangnya.
TEKS:SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster