Hari Ini, 6 Cabup & Cawabup OKI Paparkan Visi Misi

 459 total views,  2 views today

calon-bupatiKayuagung- KS,- Hari ini, Senin (20/5), seluruh pasangan Calon Bupati (Cabup),  dan Calon Wakil Bupati (Cawabup), Kabupaten  Ogan Komering Ilir (OKI), Periode 2014-2019 akan memaparkan visi dan misinya.

Paparan tersebut akan disampaikan di hadapan seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD),  OKI dan jajaran Pemkab OKI saat rapat paripurna di gedung DPRD OKI.

Pemilukada  OKI yang dilakukan serentak dengan Pilkada Sumsel, Lahat, Empat Lawang dan Banyuasin pada 6 Juni mendatang ini diikuti 6 pasang Cabup & Cawabup. Empat pasangan diusung Partai Politik (Parpol), dan dua pasangan dari jalur independen/non Parpol.

Dari beberapa daerah yang melaksanakan Pemilukada, nampaknya Pemilukada di OKI diprediksi akan berlangsung seru. Pasalnya, dalam pemilihan tersebut, duo Mekki,  Hj Tartila Ishak dan Yusuf Mekki akan saling bertarung untuk merebut kekuasaan.

Pasangan nomor  urut 1 yakni H Bahir Alamsyah SIP-Drs Baharuddin Ali, pasangan nomor urut 2, Sri Anggraini-Suyahman AMd dari jalur independen.

Nomor urut 3 diperoleh Zaitun Mawardi SH MKn-Ir H Herman Thalib MM yang didukung Golkar, PKS, PPP, PDI, PDP, PMB, PNBK, PNI, Merdeka, PPI, Republikan, PNB.  Pasangan Iskandar SE-M Rifai SE berada di nomor urut 4, mereka disupport PAN, Hanura, Gerindra, PKB, PKPB, Pelopor, PPRN, PKPI, Patriot.

Hj Tartila Ishak-Arif Akhadi SSos MM berada di nomor urut 5 dan diusung Demokrat dan PBB dan nomor urut 6 diperoleh pasangan HM Yusuf Mekki SSos-H Tri Kuncoro Hadilukito yang hanya di dukung oleh PDI Perjuangan.

Sekilas latar belakang para Cabup OKI,  Bahir Alamsyah merupakan purnawirawan TNI AD berpangkat Brigjend, Sri Anggraini berlatar belakang aktivis LSM dan berkiprah di media massa edisi mingguan.

Zaitun Mawardi Yahya,  gadis berparas cantik yang masih berumur 28 tahun ini berprofesi sebagai notaris. Zaitun adalah putri ketiga dari tokoh pemekaran OKI yang saat ini menjabat sebagai Bupati Ogan Ilir, Ir H. Mawardi Yahya.

Iskandar sebagai Ketua DPW PAN Sumsel dan pernah menjabat Wabup Ogan Ilir periode 2005-2010.

Tartilah Ishak Mekki adalah istri Bupati OKI, Ir H Ishak Mekki MM dan tentunya sebagai Ketua TP PKK OKI saat ini. Sedangkan Yusuf Mekki juga keluarga Ishak Mekki, adik kandung Bupati OKI yang menjabat Ketua DPRD OKI dan Ketua DPC PDI Perjuangan.

Sekilas Cawabup OKI, Baharuddin Ali dan Suyahman yang kesehariannya merupakan pengusaha sehingga kurang pamor di mata masyarakat OKI secara luas, kecuali di basisnya. Herman Thalib menjabat Kepala Dinas PU Cipta Karya Ogan Ilir. Arif Akhadi adalah Kabag Pemerintahan Setda OKI. M Rifai dan Tri Kuncuro, mereka berdua anggota DPRD OKI.

Ketua KPUD OKI HA Hamid Usman SH MHum kemarin mengatakan, pihaknya telah menetapkan masa kampanye pasangan Cabup dan Cawabup OKI mulai hari ini dengan diawali penyampaian visi dan misi. Kampanye akan berakhir 2 Juni mendatang.

“Jadwal dan lokasi kampanye masing-masing pasangan sudah diatur KPUD OKI. Pada tanggal 3-5 Juni merupakan masa tenang dan pemungutan suara dilakukan 6 Juni nanti, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu OKI Deri Siswadi SIP menambahkan, pihaknya siap mengawal dan mengawasi semua tahapan Pemilukada Ogan Komering Ilir(OKI) 24 jam. Pihaknya siap menerima laporan dugaan pelanggaran Pilkada, namun laporan harus disertai dengan bukti yang kuat seperti rekaman audio dan video serta foto.

“Kami menghimbau kepada seluruh PNS di jajaran Pemkab OKI hingga kecamatan, kelurahan dan pedesaan agar netral dalam Pilkada OKI ini. Ini untuk menciptakan Pilkada OKI yang lancar, jujur, adil, aman dan damai,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pengamanan, Polres OKI sudah mempersiapkan 2/3 personil dari total kekuatan Polres OKI, Polsek dan Polsubsek. Jumlah ini belum termasuk bantuan dari Polda Sumsel dan Kodim 0402 OKI-OI. “Personil akan disebar ke seluruh TPS, kantor lurah, kantor Kades, kantor camat, Sekretariat KPUD OKI dan Sekretariat Panwaslu OKI,” sambungnya.

Pihaknya berharap kepada masyarakat OKI khususnya untuk membantu kelancaran pemilukada OKI ini. “Karena ini merupakan masa depan warga OKI 5 tahun kedepan,” harapnya.

Teks        : Emil Hidayat

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster