DPRD Apresiasi Penghapusan UN

 241 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS-Walaupun terlambat, Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan (Sumsel) mengapresiasi langkah pemerintah untuk menghapuskan Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi V DPRD Sumsel, Misliha, Minggu (19/5).

Menurutnya, pemerintah harus segera mengimplementasikan aturan yang sudah tertulis disamping itu, dalam mengambil kebijakan pemerintah harus berpijak pada aturan, “Kalau bicara wajib belajar sembilan tahun tidak seharusnya ada UN demikian amanat Undang-Undang (UU) Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas),” katanya.

Lanjut Misliha, sejak awal Komisi V DPRD Sumsel menolak diadakanya UN sebagai alat kelulusan. Untuk itu, dirinya berharap, agar penghapusan sistem UN ini bukan hanya SD akan tetapi diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan, seperti SMP, SMA, SMK sederajat. “Kalau kami sejak awal menolak UN sebagai alat kelulusan. Kecuali evaluasi sebagai alat pemetaan. Kelulusan ditentukan satuan pendidikan melalui Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan hasil proses belajar harian. Itu sesuai amanat UU,” tambahnya.

Lanjutnya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat sekolah dasar (UN SD) tahun ajaran 2013-2014 ditiadakan merupakan pencapaian kompetensi dan memperbaiki proses belajar.

“Penilaian hasil belajar digunakan untuk Menilai pencapaian kompetensi peserta didik; Bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan Memperbaiki proses pembelajaran”, ungkapnya.

Sementara itu, Masayu Fauzia selaku guru MI Muhammadiyah 1 Palembang juga mengamini penghapusan UN SD ini menurutnya, anak-anak SD itu masih labil untuk menerima kelulusan. Setiap anak didik itu punya bakat dan kemampuan  masing-masing dibidangnya dan itupun hanya guru yang mengetahuinya.“Menurut saya untuk UN SD semestinya ditiadakan saja, karena biarlah guru yang memberi penilaian tehadap siswa yang mana berhak lulus dan yang tidak lulus,”ungkapnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster