Ampera Kini Kian Cindo

 318 total views,  2 views today

HL-FOTO

Jembatan Ampera Palembang | Foto : Dok KS

PALEMBANG, KS-Wajah Jembatan Ampera, Sabtu (18/5) kian cindo. Jembatan yang memiliki panjang 1.117 meter ini, terang benderang dengan lampu warna warni teknologi Light Emiitting Diode (LED).

Tiap detik, warna jembatan yang menjadi landmark Kota Palembang itu berubah. Ada 18 juta warna yang berganti-ganti memberikan corak di jembatan mulai dibangun September 1961 ini.

“Tiap detik, warnanya akan berubah dalam kondisi cuaca bagaimana pun. Lampu yang dipasang di Jembatan Ampera ini ada tiga jenis yakni color rich powercone, blast power core dan colour grave,” jelas Head of Marketing Lighting PT Philips Indonesia, Ryan Tirta Yudhistira yang dibincangi disela-sela launching kota terang hemat energi, kemarin.

Lampu jenis color rich powercone dipasang di 20 titik, lampu ini mampu mengubah warna sesuai settingan. Sementara lampu jenis blast power core, dipasang di 20 titik. Untuk jenis colour grave di pasang di 10 titik.

Tiga jenis lampu inilah, yang memberikan berbagai warna di Jembatan Ampera. “Selama tiga bulan kedepan, 18 juta warna ini akan memberikan ornamen khusus untuk mempercantik wajah Jembatan Ampera,” tegas Ryan.

Wali Kota Palembang, H Eddy Santana Putra dibincangi di tempat yang sama menyebut, sistem pencahayaan baru yang dipasang di jembatan yang dibangun menghabiskan dana USD 4.500.000 itu membuat Jembatan Ampera menjadi lebih cantik. “Kita patut bangga, karena Ampera lebih indah dengan pencahayaan LED ini dan tetap hemat energi,”kata Eddy.

Sementara itu Kepala Dinas Penerangan Jalan Pertamanan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang, Andi Wijaya Busro menambahkan, dengan dukungan sistem pencahayaan baru tersebut, badan dan dinding jembatan akan berubah warna tiap detiknya.

“Perubahan warna itu, dikarena pantulan dari cahaya lampu yang dipasang di Jembatan Ampera. Walau pun Jembatan Ampera akan dipenuhi cahaya, namun tetap energi. Karena jenis lampu yang dipakai, lebih hemat,” jelas Andi Wijaya.

“Itu akan membuat Jembatan Ampera lebih indah, dan bisa menjadi hiburan baru bagi masyarakat di Kota Palembang dan bisa semakin mengenalkan nama Jembatan Ampera, sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster