AF di Inggris, AF di Indonesia

 248 total views,  2 views today

M.-Abriza-Hartawan-(2)Oleh : M. Abriza Hartawan*

Belakangan ini muncul 2 nama dengan inisial AF sangat populer dan dibicarakan oleh banyak orang. Untuk AF yang pertama, Alex Ferguson  atau lengkapnya Sir Alex Ferguson dan akrab dipanggil ‘Fergie’ adalah pelatih klub besar di Inggris, Manchester United (MU), yang baru-baru ini mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih setelah mengantar “Red Devils” (julukan klub Manchester United) menjadi Juara English Premier League (EPL) yang ke-20 atau yang ke-13 di periode kepelatihannya. Sosok AF memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah klub MU maupun sejarah Liga Premier Inggris. Sejak menukangi MU tahun 1986, AF baru memberikan gelar pertama buat klubnya tersebut berupa Piala FA pada tahun 1990 dan gelar Juara Liga Inggris di tahun berikutnya.

Berikutnya AF tidak henti memberikan gelar demi gelar kepada Setan Merah. Puncaknya di tahun 1999 dimana ia memberikan 3 gelar juara (treble winners) buat MU, yaitu Juara Liga Inggris, Juara Piala FA dan yang terakhir Juara Liga Champion Eropa yang diperoleh klub asuhannya  secara dramatis dengan mengalahkan klub Jerman, Bayern Muenchen di Stadion Camp Nou, kandang klub Barcelona, dengan skor tipis 2-1. Hingga saat pengunduran dirinya, AF sudah memberikan total 37 piala atau gelar buat klub yang bermarkas di kota Manchester tersebut.

Seiring waktu AF menjadi sosok yang selalu dinanti, baik itu oleh fans MU maupun oleh kompatriotnya sesama pelatih di Liga Inggris. AF yang dikenal sering mengeluarkan pernyataan yang kontroversi, seringkali beradu argumen baik itu dengan wasit, pelatih, media cetak maupun dengan pemainnya sendiri. Namun dibalik itu AF juga sering membuat pemainnya menjadi terkenal karena didikannya. Siapa yang tidak kenal dengan Bryan Robson, Paul Ince, Eric Cantona, Steve Bruce, Ryan Giggs, David Beckham, Paul Scholes, Edwin Van Der Saar, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney hingga yang teranyar Robin Van Persie. Itulah AF yang begitu fenomenal yang berada di Inggris.

Publik sepakbola memang dibuat terkejut dengan berita pengunduran diri AF tersebut sekaligus kagum dengan beragam prestasi yang diberikan AF hanya kepada satu klub, yaitu Manchester United. Setumpuk asa mulai musim depan dibebankan kepada David Moyes penggantinya, mantan Pelatih Everton. Timbul pertanyaan, sanggupkah Moyes membawa MU seperti era Fergie atau malah sebaliknya. Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Kembali ke AF yang kedua yang berada di Indonesia, yaitu Ahmad Fathanah. Ini kebetulan saja inisialnya sama dengan Alex Ferguson, yaitu AF. Saat ini di Indonesia nama AF tidak ada yang tidak tahu, karena sering disebut di media cetak maupun eletronik yang dikaitkan dengan kasus korupsi impor daging sapi yang melibatkan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Lutfi Hasan Ishaaq (LHI). Kasus yang sedang dalam diusut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  ini ternyata tidak hanya melibatkan AF dan LHI saja, melainkan wanita-wanita yang berada di lingkungan AF. Sampai saat ini disinyalir ada sekitar 20 orang wanita yang dikaitkan dengan AF. Sebut saja Maharani Suciyono, seorang mahasiswi, lalu artis Ayu Azhari, foto model Vitalia Shesya, istri sirinya Septi Sanustika hingga yang terakhir nama artis Kiki Amalia dan penyanyi dangdut sexy “The Queen of Pantura”, Dewi Kirana juga disebut-sebut terkait dengan AF. Sebegitu hebatnya AF yang satu ini, laksana Don Yuan yang selalu memberikan cinta maupun hartanya buat wanita dimanapun ia berada. Memang tidak bisa dipungkiri, sejak AF tertangkap tangan oleh KPK bersama Maharani di sebuah hotel di Jakarta yang kemudian menyusul ditangkapnya LHI, bagai kotak Pandora yang sekali dibuka lalu menyeret siapapun yang terkait dengan kasus tersebut. Apakah wanita-wanita yang berada di sekitar AF ini akan terlibat lebih jauh dalam kasus ini, hanyalah pengadilan yang akan memutuskannya. Benar-benar luar biasa kedua AF ini. Satunya terkenal dengan beragam prestasi, satunya lagi dibicarakan karena tersangkut kasus hukum dan penuh sensasi.*

 

* Penulis seorang pencinta sepakbola





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster