WABAH PUNGLI HARAM DI SEKOLAH

 210 total views,  2 views today

PALEMBANG KS-Istilah pungutan liar atau pungli ‘haram’ mewabah ke sekolah-sekolah di Kota Palembang. Menyerang dari wali murid miskin hingga berduit. Sayang tak satupun yang bisa menangkisnya.

Dari hasil investigasi Harian Umum Kabar Sumatera, Kamis (16/5) tercatat pungli telah menjadi tradisi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13, Kota Palembang. Akibat adanya pungli yang ditujukan kepada wali murid, di sekolah ini terjadi sebuah ketimpangan. Disebabkan otoritas kebijakan sekolah dipegang langsung kepala sekolah, maka siapapun tak bisa melarangnya.

“Selama ini kami diamkan saja. Tak beranilah kami menentang pungli semacam itu,” demikian kata seorang guru SMPN 13, Kota Palembang yang enggan dituliskan namanya.

Ia membeberkan, munculnya pungli haram ini tidak memandang strata ekonomi wali murid. Sebesar apapun pungli yang diberlakukan wajib dipenuhi oleh wali murid baik yang kaya maupun si miskin. Demi sang anak, para wali murid sepakat untuk mengabulkan aturan pungli dari SMPN 13 Kota Palembang.

“Mulai dasi, topi, dan bet sekolah harus dibayar mahal oleh siswa. Justru, saya tak habis fikir rompi sekolah dijual seharga Rp 75.000, padahal harga biasanya tak kurang dari Rp 35.000,” dia menyampaikan.

Pungli lainnya, katanya, berlaku saat perpisahan siswa. Di mana per siswa dipungut sebanyak Rp 50.000.

“Aturan pungli itu dibebankan seluruh angkatan. Kan, yang mau perpisahan jangan dibebankan menyeluruh pada seluruh siswa. Tidak semua orang tua siswa itu orang kaya,” tukasnya.

Adanya pungli haram di sekolah ini ternyata dididiamkan sebagian tenaga guru.

“Saya selaku guru sertifikasi. Tapi, tak pernah mendapat tunjangan sebab jam induk saya sebagai guru di SMPN 13 tak pernah diberikan,” ujarnya.

Untuk itu, ia bahkan sudah membuat laporan ke Pemerintah Kota Palembang. Hasilnya? Keterangan yang ia peroleh adalah semuanya berlangsung tersistematis.

“Bahkan saya dua kali kirim surat laporan ke Dinas Pendidikan dan Inspektorat, namun hanya lewat saja dan tidak ada tindakan. Pada hal buktinya jelas berserakkan di depan mata,” tuturnya.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster