Perbaiki Infrastruktur Pariwisata

 348 total views,  2 views today

warung-legendan

Warung Legenda Palembang | Foto : Dok KS

PALEMBANG, KS – Pemkot Palembang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat memperbaiki infrastruktur tiga objek wisata di daerah itu untuk meningkatkan fasilitas pendukung menarik wisatawan datang ke kota tersebut.

“Tiga objek wisata yang ditingkatkan infrastrukturnya tersebut adalah Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Kawah Tengkurep dan Bagus Kuning,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Thabrani, di Palembang, Kamis (16/05) kemarin.
Menurut dia, perbaikan infrastruktur objek wisata tersebut, seperti pembangunan jalan dan fasilitas tempat duduk pengunjung. Selain itu, pemeliharaan gedung, seperti Monumen Perjuangan Rakyat juga dioptimalkan untuk mendukung eksistensi bangunan bersejarah di tengah kota.
Ia mengatakan, menyediakan infrastruktur yang memadai sangat penting untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Palembang.
Tentunya, bukan hanya objek wisata tetapi fasilitas lainnya, seperti transportasi udara, darat dan sungai juga mesti tersedia dengan baik, karena itu pemkot setempat secara konsisten melakukan beragam program guna merealisasikan Palembang sebagai kota wisata air.
Dia menjelaskan, khusus pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur tiga objek wisata tersebut, pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp2 miliar.
Minimnya anggaran daerah mengharuskan mereka memperbaiki infrastruktur secara bertahap, karena objek wisata di kota yang dibelah Sungai Musi ini mencapai puluhan.
Sebelumnya, Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan mengembangkan potensi wisata tentunya menjadi salah satu kegiatan pemkot sepanjang tahun.
Promosi pariwisata dalam negeri dan mancanegara secara rutin mereka lakukan untuk menarik minat wisatawan datang ke Kota Palembang, katanya.
Dia menambahkan, setiap tahun terjadi peningkatan wisatawan datang ke Palembang sehingga sektor pariwisata menjadi andalan pemkot setempat.
Dengan berkembangnya sektor wisata maka akan berdampak pada bidang-bidang lain, seperti peningkatan penjualan makanan khas dan cendera mata serta hunian hotel di daerah itu.
Sementara, mengenai jumlah kunjungan wisatawan secara keseluruhan di Sumsel, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan menyebutkan, kunjungan wisatawan ke provinsi tersebut bulan Maret 2013 tercatat mencapai 927 orang.
Jumlah kunjungan wisatawan tersebut mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya hanya 886 orang atau meningkat 4,63 persen.

Teks     : Aminuddin

Editor : Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster