Tiga Jam, 560 Gas Elpiji Ludes Diserbu Warga

 310 total views,  2 views today

HL-Daerah

Ratusan Warga Kayuagung Berebut Tabung Gas Kg | Foto : Emil KS

INDERALAYA,-Lela (42), harus rela berdesak-desakan dengan puluhan warga lainnya demi mendapatkan satu tabung gas elpiji 3Kg dari operasi pasar  yang di gelar PT Putra Sumber Musi selaku agen gas elpiji bekerja sama dengan PT Pertamina di Kota Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Rabu (15/5), tidak jauh dari Polsek Indralaya.

Warga Indralaya Mulya, Kecamatan Indralaya ini terlihat sigap tanpa lelah berdiri ditengah teriknya matahari demi satu tabung gas elpiji untuk keperluan memasak.

Menurut Lela, dalam sepekan terakhir, gas elpiji 3kg dipasaran sudah mulai langka. Meskipun ada, harga gas tersebut melejit hingga tembus Rp 20.000,- per tabung.

“Wah Pak, susah sekarang cari gas 3kg. Kalau pun hargannya sudah tidak karuan lagi alias mahal,” keluhnya saat mengantri.

Dengan adanya operasi pasar, lanjut Lela, dapat membantu dirinya bersama warga lainnya untuk medapatkan gas elpiji 3kg. “Harganya pun Rp 14.000,- pertabungnya. Jadi sangat membantulah,” tuturnya.

Hal senada juga diutarakan Yudi (32). Menurut warga Indralaya Raya ini, operasi pasar gas elpiji 3kg harus dilakukan secara terus menerus untuk membantu warga yang merasa kesulitan.

“Ya dong, jangan hari ini saja, kalau bisa setiap hari sampai benar-benar normal. Kalau di satu agen tidak ada, rata-rata hampir semua warung tidak ada yang jual gas. Warga pasti kewalahan untuk memasak. Pemerintah diharapkan segera menyelesaikan masalah ini,” harapnya.

Sementara itu, Maskum, petugas lapangan PT Putra Sumber Musi mengatakan, dalam operasi pasar tersebut pihaknya menyiapkan 560 tabung gas elpiji 3kg yang akan dijual kepada masyarakat khususnya wagra Indralaya dan sekitarnya.

“Ya, untuk operasi pasar ini kami menyediakan 560 tabung dengan harga pertabungnya Rp 14.000. Ini kerjasama antara agen dan Pertamina dalam mengatasi kelangkaan gas elpiji 3kg,” ujarnya.

Maskum menambahkan, untuk operasi pasar dilakukan hanya satu hari saja dan hanya ada di Indralaya. “Kami belum ada instruksi lagi, untuk hari ini (kemarin), di OI hanya di Indralaya dan berada di tengah kota agar terjangkau warga.,” tuturnya.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, puluhan warga berbondong-bondong mendatangi operasi pasar dengan mambawa beberapa tabung utntuk ditukarkan kembali ke agen. Bahkan, ada beberapa warga membawa puluhan tabung gas elpiji di atas Becak Motor (Bentor), untuk ditukarkan kembali.

Sempat terjadi kericuhan kecil antar warga yang mengantri maupun dengan petugas agen lantaran warga saling berebut. Namun hal itu tidak berlangsung lama dan warga rela mengantri meski di bawah terik matahari.

Teks   : Junaedi Abdillah

Editor : Mustaqiem Eska





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster