6.800 Rumah Diusulkan Rehabilitasi

 325 total views,  4 views today

rumah-murah

Ilustrasi Rumah | Foto : net

PALEMBANG, KS- Kabar gembira bagi masyarakat Kota Palembang, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang rumahnya tak layak huni. Karena, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, mengusulkan sebanyak 6.800 unit rumah di metropolis untuk di rehabilitasi.

Usulan itu menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang,  Fachmi AR melalui Kepala Bidang Perumahan, Yulisnada, sudah disampaikan ke Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

“Rumah-rumah yang bakal di rehabilitasi itu, adalah rumah milik MBR yang tersebar di 48 kelurahan. Terbanyak di Kelurahan 3-4 Ulu dan 5 Ulu, disana ada 500 unit rumah yang diusulkan untuk di rehabilitasi,” jelas  Yulisnada ketika dibincangi, kemarin.

Selain dua kelurahan itu, ada 300 unit rumah yang bakal di rehabilitasi di Kelurahan Pulokerto. Lalu 200 unit rumah di Kelurahan 7 Ulu, Kemas Rindo, Tuan Kentang dan Keramasan. Kemudian 50 unit rumah lainnya, di Kelurahan Bukit Baru.

Rumah-rumah yang bakal di rehabilitas itu sebelumnya kata Yulisnada, sudah diusulkan oleh warga. Berkas usulannya pun sudah masuk ke Dinas PU CK dan Perumahan, termasuk kelengkapannya seperti bukti kepemilikan rumah, surat pernyataan tidak mampu dan pernyataan untuk melaksanakan bantuan dengan baik. “Semua berkas usulan itu, akan kita verifikasi. Kemudia diserahkan ke wali kota untuk disetujuhi. Barulah setelah itu,  diteruskan ke Kemenpera,” jelasnya.

Apakah setelah itu selesai ?, ternyata belum. Kemenpera sambung Yulisnada juga bakal melakukan verifikasi. Ketatnya verifikasi itu dilakukan, untuk menjamin kalau dana yang dikucurkan benar-benar tepat sasaran.

Ia juga menyebut, rehabilitasi rumah tak layak huni dilakukan pemkot sebagai bagian menghilangkan kawasan kumuh di kota empek-empek ini. Program itu, sudah dilaksanakan sejak 2009 lalu. Saat itu, ada 2000 unit rumah yang di rehabilitas.

“Tahun ini, kita mendapatkan bantuan 194 unit rumah untuk di rehabilitasi. Program ini sudah kita laksanakan, dan tersebar di 15 kelurahan diantaranya 5 Ulu, 7 Ulu, Plaju, Sentosa, Kuto Batu, Bagus Kuning, Gandus, Sukodadi, Kemas Rindo, Lawang Kidul, Bukit Lama, 30 Ilir, 9 Ilir,” imbuhnya.

Berapa besar nilai bantuan yang diberikan ?, ia menyebut setiap warga yang rumahnya di rehabilitasi  akan dibantu oleh Kemenpera Rp6 juta. Bantuan itu langsung di transfer ke rekening warga untuk dipakai membeli material bangunan.  “Pelaksanaanya, akan dipantau. Jika dana yang dipakai, tidak sesuai peruntukan maka dana itu akan ditarik,” tukasnya.

Teks      : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster