Sumsel Utus Enam Peserta Ikuti Ajang APCYS

3 total views, 3 views today

HL-FOTO

Sumatera Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelengaraan Asia Pacific Conference Of Young Scientists (APCYS) yang ke-3 | Foto : Dok KS

PALEMBANG | KS -Provinsi Sumatera Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelengaraan  Asia Pacific Conference Of Young Scientists (APCYS) yang ke-3. Karena sebagai kota pendidikan, Palembang telah menyatakan minat untuk menyelengarakan acara ini.

Untuk menumbuhkan generasi mudah Indonesia, maka surya Institut bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Asia Pacific Conference Of Young Scientists (APCYS) 2013 yang ke 3.

APCYS merupakan suatu perlombaan presentasi karya ilmiah tingkat Asia pasifik bagi siswa sekolah menegah. Tahun ini, APCYS 2013 diikuti oleh 79 peserta dari 9 negara. Negara-negara tersebut adalah Australia, Brunei Darusalam, Cina, Guam, Malaysia, Taiwan, Thailand, Singapura, dan Indonesia. Ada 5 kategori penelitian yang dipertandingkan, yaitu Physics, Mathematics, Computer Science, Environmental Science, dan Life Sceience.

Menurut Prof. Yohanes Surya, PhD, selaku pendiri APCYS dan Surya Institute, APCYS merupakan salah satu ajang untuk berbagi ilmu dengan siswa negara lain terutama dengan siswa dari negara Asia Pasifik. Dalam ajang yang kompetitif namun besahabat inilah, para peserta dapat saling berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai penelitian ilmiah yang dilakukan. Fisikawan Indonesia ini juga mengharapkan dari ajang seperti APCYS, kerja sama antara para peserta akan berkembang menjadi jaringan penelitian bertaraf Internasional.

Indonesia sendiri mengirimkan 12 peserta dalam APCYS 2013, kedua belas peserta kemudian dilatih secara khusus oleh para peneliti dan pakar yang ahli di bidangnya masing-masing.

Dirinya berharap, dari hasil perlombaan ini bisa memajukan dunia pendidikan. Dan dapat meningkatkan hubungan dunia ilmuwan dengan industri. Hal ini juga diyakini akan memberikan Indonesia sumber daya manusia berkualitas tinggi yang dapat memberi sumbangsih bagi masyarakat baik lokal maupun internasional.

Monika Raharti, M.Si, sebagai President of APCYS punya harapan besar dengan mengikuti ajang ini, mereka juga dapat dijadikan role model positif bagi para pelajar lain di Indonesia.

Hal senada dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. Widodo, M.Pd. Diselengarakannya APCYS 2013 di Palembang akan memberikan dampak baik bagi pendidikan di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

“ Dalam ajang ini, Sumsel sendiri mengirimkan 6 putera-putri terbaik daerah. Semoga penyelengaraan APCYS bisa mendorong pertumbuhan penelitian dikalangan remaja, terutama di daerah Sumatera Selatan,”

Yulius siswi SMA 17 peserta asal Sumsel ini mengatakan, dengan adanya lomba seperti ini dapat menambah wawasan tentang bermacam dunia sains, apalagi dirinya bangga karena dapat mewakili salah satu siswa asal Sumatera Selatan.

TEKS         : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com