Produksi CPO Berjatuhan

 159 total views,  2 views today

cpo

Ilustrasi Kelapa Sawit | Foto : Net

PALEMBANG KS – Menyusul turunnya utilisasi atau pemanfaatan kapasitas pabrik pengolahan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di Sumatera Selatan (Sumsel) sebesar 30 persen di tahun 2012 di tengarai sebagai dampak pelemahan harga dan perlambatan ekspor CPO nasional.

Sumarjono Saragih, Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Sumsel menuturkan, bila isu moratorium perkebunan yang akan diberlakukan permintah Sumsel kedepan  di prediksi akan menghambat proses perluasan lahan dan memicu terjadinya pelemahan sektor pengelolaan CPO terhadap 47 pabrik yang ada .

“ Sejauh ini, baru 47 pabrik yang bisa dikatagorikan dapat menampung sawit dari petani yang berkualitas. Sementara tandan buah segar (TBS) sawit yang dihasilkan petani di pastikan  banyak yang membusuk akibat ditolak  pabrik,” jelas Saragih.

Menurut Saragih, saat ini total luas lahan perkebunan  kelapa sawit di Sumsel sekitar 818.326 hektare. Dari jumlah tersebut, 50% di antaranya merupakan lahan plasma dan selebihnya masyarakat swadaya.

Kata Saragih, lahan tersebut tersebar di beberapa wilayah Kabupaten seperti di Musi Banyuasin (Muba) , Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dan Kabupaten Muara Enim.

Dia menjelaskan luas areal perkebunan perusahaan hingga kini lebih besar dari perkebunan yang dikelola rakyat.

“Nah, ini yang menjadi pemicu konflik perkebunan antara rakyat dengan petani. Sehingga berdampak kepada moratorium oleh pemerintah dengan tujuan mengantisipasi sengketa lahan dan konflik agraria. Jujur, jika melihat kondisi seperti ini, klami belum tahu apakah volume produksi yang ditargetkan dapat mengalami kenaikan atau malah menyusut. Tapi bila  melihat kondisi sekarang kami pesimis akan mengalami  kenaikanya,” paparnya.

Menyikapi hal itu, Fakhrurrozi, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan Sumsel, menjelaskan bila pemerintah Sumsel optimistis produksi CPO Sumsel dapat kembali normal yakni  mencapai 2.1 juta ton pada tahun depan atau setara dengan keseimbangan produksi.  Meski saat ini diakuinya, ekspor dan produksi melambat akibat pengaruh pertumbuhan ekonomi global.

“ Produksi sawit di Sumsel sejak awal tahun ini mulai melambat, ekspor CPO juga melambat. Namun salah satu langkah untuk meningkatkan volume produksi CPO adalah  melalui konservasi lahan . Nah saat ini kan luas lahan perkebunan sawit  yang belum tergarap masih  mencapai 400.000 hektare. Jika ini bisa di serap maka sangat berpotensi bagi  Sumsel yang memiliki produksi sangat besar, “ bebernya.

Kalimantan Pun Menerjang Sumatera

Tahun 2010, produksi kelapa sawit Kalimantan mencatat produktifitasnya sebesar 900 ribu ton crude palm oil (CPO).  Kemudian, pada tahun 2011, produksinya mencapai 2,3 juta ton. Sedangkan tahun 2012 mencapai 3,4 juta ton. Kemajuan yang signifikan sektor perkebunan sawit di Kalimantan di prediksi mengalahkan produksi Sumatera 2020 mendatang.

“ Jujur, saat ini produksi kelapa sawit di Kalimantan dari tahun ketahun terus menjukan grafik peningkatan. Bahkan pada tahun 2013 ini saja, hasil produksi sawit diperkirakan  mencapai 4,5 juta ton,” kata Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Pertanian kemarin, Senin (13/5).

Menurut Bayu, produktivitas sawit di Pulau Kalimantan diperkirakan akan dapat menyusul Pulau Sumatera pada tahun 2020 mendatang.

“Saya optimistis produktivitas sawit Kalimantan sangat berprospek,” katanya.

Bayu menegaskan, produksi sawit Kalimantan tahun 2010 hanya 900 ribu ton minyak sawit mentah (CPO).Kemudian merangkak naik terus hingga pada tahun 2012 mencapai 4,5 juta ton dengan tanaman sawit yang terbilang muda.

“ Nah, jika melihat prospeknya dan di tambah dengan fakta akan hasil tanaman kelapa sawit di Sumatera yang hanya di diperkirakan mencapai 17,5 hingga 18 juta ton CPO dengan tanaman yang sudah terbilang tua. Dengan pertumbuhan sedemikian cepat itu, saya yakin produksi Kalimantan akan bisa melewati Sumatera pada tahun 2020 mendatang, ”tutupnya.

TEKS                : JEMMY SAPUTERA

EDITOR         : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster