Jembatan Pasar Muaraenim Nyaris Ambruk

 190 total views,  2 views today

Jembatan-Ambruk

Jembatan yang Nyaris Ambruk diterjang Aliran Sungai | Foto : Indra KS

MUARA ENIM | KS- Hujan deras dengan itensitas tinggi mengakibatkan sebuah jembatan di Jalan Angkatan 45, tepatnya di Gang Waspada, Kelurahan Pasar II Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim, nyaris ambruk.

Beruntung, saat jembatan tersebut nyaris ambruk, tidak ada pengguna jalan yang melintas. Hanya saja, warga yang berada di sekitar jembatan tersebut kaget lantaran suara hentakan yang bersumber dari jembatan yang nyaris ambruk.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, Selasa (14/5), pagi, jembatan yang memiliki panjang sekitar 40 meter ini menghubungkan dua pemukiman di kelurahan yang sama kondisinya sangat memprihatinkan.

Dinding penahan air/talud dibawa jembatan juga amblas yang disebabkan tidak kuat menahan derasnya dorongan air sungai. Selain itu, tanah warga yang berada di sekitar jembatan juga amblas.

Suparyono, pegawai Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM), menceritakan, sebelum terjadi nyaris ambruknya jembatan tersebut, terlebih dahulu dinding penahan air yang berada tepat dibelakang runtuh. Kemudian disusul pagar pembatas dan pangkal jembatan yang terangkat ke permukaan.

“Ya, akibat hujan lebat, pagar pembatas amblas. Gudang dibelakang rumah dan parabola warga ikut roboh. Warga minta segera diperbaki agar tidak membahayakan rumah warga di aliran sungai Aur,” ucapnya.

Menyikapi kejadian ini, pihak terkait seperti perangkat Kecamatan Muara Enim dan Kelurahan Pasar II serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaraenim dan juga Dinas PU Cipta Karya mulai turun ke lapangan meninjau langsung jembatan.
Sementara itu, Bupati Muaraenim, Muzakir Sai Sohar saat dibincangi mengatakan, pihaknya akan segera akan menurunkan tim atau dinas terkait untuk meninjau sekaligus menginventarisir kerusakan yang ditimbulkan akibat ambruknya jembatan di aliran sungai Aur kelurahan Pasar II Kecamatan Muara Enim.

“Segera akan dilakukan perbaikan jembatan sehingga akses warga yang memanfaatkan jembatan penghubung tersebut dapat kembali normal seperti sedia kala,” janjinya.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster