Ampera akan Berubah Warna Tiap Detik

10 total views, 3 views today

ampera

Jembatan Ampera Palembang | Foto : Dok KS

PALEMBANG, KS – Jembatan Ampera, yang menjadi land mark Kota Palembang kedepannya bakal semakin indah khususnya di malam hari. Sebab jembatan yang dibangun dari harta rampasan perang Jepang itu, akan bermandikan cahaya saat malam hari.

Nantinya menurut Kepala Dinas Penerangan Jalan Pertamanan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang Andi Wijaya Busro melalui Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, Lampu Hias Taman, Komaruddin, badan dan dinding jembatan akan berubah warna tiap detiknya.

“Perubahan warna itu, dikarena pantulan dari cahaya lampu yang dipasang di Jembatan Ampera. Walau pun Jembatan Ampera akan dipenuhi cahaya, namun tetap hemat energi. Karena jenis lampu yang dipakai, lebih hemat,” jelas Komaruddin ketika dibincangi, Selasa (14/5) di ruang kerjanya.

Saat ini sambungnya, PT Philips sebagai produsen lampu yang akan dipasang di Jembatan Ampera sudah melakukan mokap atau uji coba. Dari hasil uji coba itulah, terlihat perubahan warna lampu setiap detiknya sehingga bakal mempercantik jembatan kebanggaan wong kito itu.

“Nantinya penggantian lampu di Jembatan Ampera itu, secara resmi akan dimulai Sabtu (18/5) mendatang. Momen itu, akan kita isi dengan mendeklarasikan Palembang sebagai kota terang hemat energi,” bebernya.

Berbagai kegiatan sambungnya, akan digelar dalam launching Palembang kota terang hemat energi tersebut. Diantaranya, ada door prize yang diberikan PT Philips kepada warga yang beruntung. “Door prizenya mobil Honda Brio, door prize akan diberikan PT Philips kepada warga yang mampu memegang lampu Philips dalam keadaan menyala,” ungkapnya seraya menyebut audisinya akan dilaksanakan di Palembang Square (PS) Mall dan Palembang Indah Mall (PIM).

Komar juga menjelaskan,  dipilih lampu jenis lighting elekting dioda (LED) produksi PT Philips tersebut dengan pertimbangan mampu menghemat energi sampai 80 persen di bandingkan lampu lainnya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang H Eddy Santana Putra mengatakan, tagihan lampu jalan di Kota Palembang saat ini sudah mencapai Rp2,5 miliar per bulan. Untuk itu, penggantian lampu pijar ke LED untuk penerangan kota terutama Jembatan Ampera merupakan upaya untuk menekan biaya tagihan listrik.

“Lampu di Jembatan Ampera akan kita ganti dengan LED. Rencananya, pergantian lampu ini akan kita resmikan pada 18 Mei,” kata Eddy.

Eddy menjelaskan, nilai investasi lampu LED di Jembatan Ampera sekitar Rp5-6 miliar dari PT Philips Indonesia. Pemkot Palembang akan menggunakan lampu tersebut jika secara ekonomi bisa menekan pembiayaan tagihan listrik, setelah dilihat dari uji coba selama tiga bulan. “Tiga bulan ini gratis dulu, nilai investasinya sekitar Rp5-6 miliar,” ucapnya.

Sementara, Project Sales Area II Manager Philips Lighting Commercial Yutia Meilani mengatakan, bantuan pemasangan lampu LED sebagai tanggung jawab PT Philips untuk menerangi kota hemat energi. Terlebih, Ampera merupakan peninggalan sejarah yang perlu dipercantik dengan pencahayaan yang berwarna-warni.

Palembang merupakan kota ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. “Di Jakarta sudah kita pasang di Monas Agustus lalu. Hasilnya, tagihan listrik Pemprov Jakarta menurun 90% dari Rp200 juta menjadi Rp20 juta. Kalau Surabaya, baru akan kita pasang minggu depan di salah satu monumen sejarah di sana,” katanya di Palembang.

Teks      : Alam Trie Putra               

Editor  : Dicky Wahyudi

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com