Ridho-Fikri Resmi Jadi Wako dan Wawako Prabumulih

Pengambilan-Sumpah-Walikota

Pengambilan Sumpah Walikota Prabumulih Oleh Gubernur Sum-Sel Alex Noerdin | Foto : Dok KS

Prabumulih, KS – Akhirnya, teka-teki tentang kemenangan Ir. Ridho Yahya, MM dan Andriansyah Fikri, SH (Ridho-Fikri) dalam pemilihan Kepala Daerah Kota Prabumulih periode tahun 2013-2018 menuai berita terang. Melalui persidangan di Mahkamah Konstitusi, pasangan Ridho-Fikri dinyatakan sah. Alhasil, kemarin (Senin, 13/5), Gubernur Sumatera Selatan Ir. Alex Nurdin atas nama Menteri Dalam Negeri melantik keduanya di lapangan Prabujaya, Kota Prabumulih dengan dihadiri oleh undangan sebanyak 6.000 -7.000 orang yang memadati lapangan.

Pelantikan bagi Ridho dan Fikri ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Prabumulih. Karena sudah terlalu lama warga Prabumulih terasa tak sabar menanti kepastian jawaban kejelasan siapa sesungguhnya sosok pemimpin daerah mereka. Namun tentunya, dengan dilantiknya dan diambilnya sumpah jabatan kedua pasangan Ir. Ridho Yahya, MM dan Andriansyah Fikri, SH oleh Gubernur Sumatera Selatan Ir. Alex Nurdin, MM ini membuat hati masyarakat Prabumulih terasa lega dan plong.

Hari itu, tampak banyak simpatisan begitu antusias tumpleg memenuhi lapangan Prabujaya dan hingga tumpah ke luar lapangan, menunjukkan betapa Ridho dan Fikri memang dikelilingi oleh kehadiran pendukung dan simpatisan.

Sebelum upacara pelantikan dilangsungkan, pasangan Ridha- Fikri  tampak terlebih dahulu datang untuk menyalami dan menyambangi para undangan yang menghadiri pelantikan dan para undangan.

Sebelumnya, menjelang pelantikan, diadakanlah sidang paripurna DPRD kota Prabumulih yang dipimpin oleh ketua sidang Erwansyah, SH, MM.

Dalam sidang, Erwansyah mengatakan berdasarkan pemilukada kemaren kedua pasangan ini telah memenangkan pemilukada kota Prabumulih periode 2013-2018.

“Berdasarkan pemilukada kemaren, kedua pasangan ini telah memenangkan pemilukada kota Prabumulih periode 2013-2018. Dan selanjutnya pelantikan kedua pasangan ini disaksikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin; dimana kedua pasangan dengan semangat mengikuti sumpah yang dibaca oleh Gubernur Sumatera Selatan. Ini menandakan bahwa kedua pasangan ini secara resmi dan sudah sah menjadi Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih periode tahun 2013-2018 untuk memimpin kota Prabumulih kedepan”, katanya.

Selesai pengambilan sumpah, kedua pasangan sah Walikota dan Wakil Walikota Ridho dan Fikri selanjutnya mengadakan serah terima jabatan dari Walikota lama kepada Walikota yang baru, yaitu dari DR. Drs. Rachman Djalili, MM kepada Walikota baru Ir. Ridho Yahya, MM dengan Surat Keputusan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 131.16-2866 tahun 2013, tentang pemberhentian Walikota Walikota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan. Selanjutnya pengangkatan Walikota Baru dengan nomor : 131.16-2868 serta  penyerahan jabatan Wakil Walikota periode tahun 2009-2013 dari Ir. Ridho Yahya, MM kepada Wakil Walikota baru yaitu Andriansyah Fikri, SH; dimana Wakil Walikota lama diberhentikan dengan nomor 131.16-2867 dan pengangkatan Wakil Walikota yang baru dengan nomor : 131.16-2869.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin, dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan pelantikan kali diharapkan kedua pasangan dapat berbuat lebih baik lagi kepada masyarakat Kota Prabumulih.

“Dengan pelantikan kali, diharapkan kedua pasangan dapat berbuat lebih baik lagi kepada masyarakat Kota Prabumulih dan agar dapat dapat mensejahterakan masyarakat yang dipimpinnya dan kepada Walikota yang lama diucapkan terima kasih karena sudah memimpin Prabumulih dengan baik”, ujarnya.

Selesai penyerahan jabatan walikota lama kepada walikota baru selanjutnya diadakan penyerahan jabatan Ketua Penggerak PKK dari yang lama kepada yang baru periode 2013-2018 yaitu dari Dra. Herawati, MKes kepada Ir. Sri Ngesti Rahayu  yang disaksikan dan dilakukan oleh Ibu Eliza Alex Nurdin.

Selanjutnya dalam kata sambutan Walikota yang baru Ir. Ridho Yahya, MM menyampaikan rasa terima kasihnya kepada walikota yang lama.

“Saya sangat berterima kasih kepada Walikota yang lama telah banyak membantu dan membimbing. Begitu juga kepada ayunda Herawati yang telah banyak juga membantu selama ini” katanya.

Dalam wawancara di hadapan para wartawan, Walikota Prabumulih terpilih Ir. Ridho Yahya, MM berjanji bahwa akan melanjutkan pembangunan yang sudah ada dan kemudian melkukan sinergi sebaik mungkin dalam kinerja untuk kemajuan kota Prabumulih.

“Kita akan melanjutkan pembangunan yang sudah ada, dan kita akan sinergikan, begitu juga mengajak masyarakat untuk membangun Prabumulih seperti yang kita harapkan dan melupakan perbedaan yang lalu. Dan kita berusaha untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang menjadi Pekerjaan Rumah bagi kita semua.  Kita ini masih kecil dengan umur baru 11 tahun dan jangan dibandingkan dengan kota yang sudah lama berdiri”, ujarnya. (Adv)

 

Teks        : Irsan Matondang

Editor    : Mustaqiem Eska




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com