Kementerian Koperasi dan UKM Kucurkan Dana Rp 25juta

 223 total views,  2 views today

PELATIHAN

Tamim Saefudin pada saat seminar pelatihan terpadu kewirausahaan dan perkoperasian digedung Akademik Center (AC) IAIN Raden Fatah Palembang (13/5). | Foto : Amin

PALEMBANG | KS Kementerian Koperasi dan UKM akan mengucurkan dana sebesar Rp25 juta untuk wirausaha pemula yang mandiri, tangguh, handal, dan mampu berdaya saing sehingga menjadi wirausaha lebih berkualitas, kreatif, inovatif, dan berwawasan global. Demikian  diungkapkan  Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah (UKM), Tamim Saefudin pada saat seminar pelatihan terpadu kewirausahaan dan perkoperasian digedung Akademik Center (AC) IAIN Raden Fatah Palembang (13/5).

Menurutnya, ada sebanyak 1500 wirausaha yang akan mendapatkan kucuran dana tersebut “Sebanyak 1500 wirausaha akan mendapatkan bantuan ini dan akan di launching pada 18 Mei mendatang,”ungkapnya.

Dikatakannya, pemberian modal ini merupakan program kerja Kementrian Koperasi dan UKM setidaknya tahun ini pihaknya menargetkan 2.160 wirausaha yang akan mendapat bantuan “Program penguatan permodalan untuk wirausaha pemula ini telah memasuki tahun ketiga dan pada tahun ini ada sekitar Rp54 miliar yang akan diberikan kepada 2.160 wirausaha pemula,”jelasnya.

Munajiah, Ketua Dewan Koperasi Sumsel menambahkan, dana yang diberikan bersumber dari APBN Kementerian Koperasi dan UKM dan terhimpun dari zakat dan wakaf selama setahun yang bersifat hibah dan tidak perlu dikembalikan.

Dikatakannya, sekarang pihaknya membuka Pendaftaran Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Mei 2013 . Kompetisi ini bersifat individu dan terbuka bagi mahasiswa dan umum.

Gerakan ini berupa kompetisi pembuatan proposal bisnis yang akan mendapatkan modal awal maksimal Rp 25 juta rupiah bagi 1.500 proposal terbaik. “Bisnis yang ditawarkan dapat berupa bisnis baru atau bisnis yang sudah berjalan yang membutuhkan tambahan modal. Ide bisnis yang dikirimkan harus logis, kreatif inovatif, produktif dan prospektif,”katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Proposal terbaik akan diumumkan dalam acara puncak GKN 2013 di Gelora Bung Karno tanggal 18 Juni 2013. Selain penyerahan modal usaha, acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pengusaha ternama, dan dimeriahkan oleh artis ibukota.

TEKS        : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster