UN SD/MI Akan di Hapuskan

 282 total views,  2 views today

anak-sd

Ilusterasi UN SD | Foto : NET

PALEMBANG | KS Tahun depan rencananya bentuk ujian nasional khususnya untuk siswa  SD/MI akan diubah seiring dengan rencana pelaksanaan kurikulum. Namun, untuk alternatif hasil belajar penganti UN belum diterapkan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaraga (Disdikpora), Reza Fahlevi kemarin (12/5).

Menurutnya, ada beberapa usulan tentang perubahan tersebut diantaranya evaluasi belajar perwilayah, tetapi tetap satu standar nasional dan evaluasi hasil belajar siswa tidak dilaksanakan di SD/MI, tetapi ditingkat SMP/MTS. “UN tidak serta merta dihapuskan, harus ada evaluasi belajar di SD/MI yang secara prinsip sebagai penggantiUN,”ujarnya.

Alternatif penganti UN itu harus dilanjutkan dan itu bisa digunakan untuk memetakan kondisi kualitas pendidikan didaerah, sehingga perlu ada standar kelulusan secara nasional. itupun terkait penentuan masuk kejenjang pendidikan selanjutnya seperti, SMP maupun MTS.

Dia juga meminta agar rencana pengahapusan Ujian Nasional (UN) sekolah dasar (SD) ini dikaji lebih dalam dan dicarikan pengganti yang tepat. Tanpa ada penggantinya, maka UN tidak bisa begitu saja dihilangkan.

Mengenai usulan agar UN digantikan oleh ujian sekolah saja, ia menjelaskan bahwa hal tersebut sulit dilakukan. Pasalnya, kredibilitas ujiannya dikhawatirkan tidak akan diakui sekolah menengah pertama (SMP/MTS), sehingga harus menggunakan ujian masuk dari SMP/MTS tersebut.
Jika standar kelulusan diserahkan sepenuhnya ke sekolah, dikhawatirkan ada masalah baru bagi SMP/MTs. Untuk masuk ke SMP/MTs, apakah mereka percaya sepenuhnya pada standar kelulusan setiap SD/MI. ”Kalau pakai ujian saringan akan butuh biaya lagi. Menghapuskan UN di SD/MI, tetapi ada ujian seleksi di SMP/MTs, itukan sama saja,” kata Reza.

dikatakannya, evaluasi hasil belajar harus tetap ada. Tinggal bagaimana teknis pelaksanaannya. Untuk itu sebelum gagasan pengahapusan UN ini dilakukan, maka sebaiknya disediakan pengganti yang sesuai dan tepat, itupun dapat diukur dengan pemetaan pendidikan yang teruji kredibilitasnya untuk melanjutkan kejenjang berikutnya.

TEKS        : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster