Dana BOS Belum Cair dari Pusat

 296 total views,  2 views today

bosPALEMBANG | KS Kantor wilayah Kementrian Agama Sumatera Selatan mengeluh pasalnya, hingga kini dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah madrasyah baik itu MI dan MTS yang seharusnya sudah dicairkan pada Maret lalu hingga kini tak kunjung cair.

Kakanwil Kemenag Sumatera Selatan, Ahmad Fauzi saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu mengatakan, permasalahan pencairan dana BOS dilingkungan kementerian agama bukan karena ditahan oleh Kanwil melainkan anggran tersebut memang belum dicairkan dari pusat.

“Orang yang mengatakan dana BOS kami tabung untuk di depositokan itu adalah Fitnah, sebab dana itu dari pusat langsung masuk ke kas kantor kemudian ditransfer ke sekolah masing-masing tanpa melalui kas pribadi siapapun,”ujarnya.

Menurutnya, pihaknya belum bisa memastikan pencairan dana tersebut. “Dana itu berkisaran Rp 100 Miliyar. Rencananya dana tersebut akan dibagi menjadi dua untuk Madrasah tsanawiyah sekitar Rp 36 miliyar dan Madrasah Ibtidaiyah Rp 31.8 miliyar ditambah sekolah negeri mencapai diatas Rp 100 miliyar, dana itu sendiri untuk dicairkan pada tahun 2013 ini” bebernya. Seraya berkata kemungkinan dana tersebut akan dirapel pada pencairan tahap kedua pada Juni mendatang.

“Informasi yang saya dengar, DPR seakarang masih reses tentang proses persetujuan anggaran karena itu perlu beberapa kali rapat pleno. Jadi mau bagaimana lagi prinsipnya kita diderah Sumsel ini hanya bisa menunggu dari pusat saja,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang Feri Agus Wijaya mengatakan, keterlambatan dana BOS ini sangat disesalkan pasalnya, pihaknya terpaksa menunda gaji guru honorer yang sudah berlangsung selama 3 bulan. “ Dana bos tersebut kita alokasikan untuk gaji guru honor karena tidak cair-cair jadi gaji guru honor terpaksa kita tunda dulu,”jelasnya. Seraya berkata apabila dana BOS sudah cair gaji guru honor yang tertunda tersebut akan segera diselesaikan.

TEKS         : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster