KPU Didesak Tunda Cetak Surat Suara

 192 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), didesak menunda pencetakan surat suara untuk pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumsel, 6 Juni mendatang.

Pasalnya kata Ketua Relawan Pemersatu Anak Negeri (Repan), Itang Asmawijaya, saat ini Repan sudah mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palembang dengan register perkara nomor 14/G/2013/PTUN-PLG.

“Dalam gugatan itu, kita meminta majelis hakim PTUN Palembang membatalkan surat keputusan (SK) KPU Sumsel yang menetapkan pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Sumsel,” jelas Itang dibincangi di PTUN Palembang, Jumat (10/5).

Ia menyebut, jika gugatan mereka itu diterima majelis hakim PTUN maka bakal ada perubahan pasangan cagub-cawagub peserta pemilukada Sumsel. “Jika KPU Sumsel, masih tetap mencetak surat suara itu maka kami akan melakukan somasi,” tegasnya.

Penundaan pencetakan surat suara itu sambungnya, juga harus dilakukan karena sampai saat ini KPU Sumsel belum menetapkan jumlah mata pilih final yang terdaftar dalam daftar mata pilih tetap (DPT). KPU memang sebutnya, sudah menetapkan DPT untuk pemilukada Sumsel namun itu belum final karena masih ada koreksi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pasangan calon.

Hasil investigasi mereka sebut Itang, walau KPU sudah menetapkan rekanan yang menjadi pemenang untuk pencetakan surat suara itu namun kontrak perjanjian kerjanya belum ditandatangani. Sehingga KPU bebernya, belum bisa mencetak surat suara tersebut.

Jika KPU masih ngotot mencetak surat suara tersebut, besar kemungkinan kedepannya sebut dia itu akan menjadi masalah. “Jika KPU tidak memenuhi tuntutan kami ini, kami akan melaporkan KPU Sumsel ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” ancamnya.

Menanggapi ini Komisioner KPU Sumsel, Candra Puspa Mirza ketika di konfirmasi mengatakan KPU tetap akan mencetak surat suara tersebut sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan.

“Pencetakan surat suara pilkada tidak bisa ditunda, kami akan tetap mencetaknya karena ini sudah sesuai tahapan,”tegasnya seraya menjelaskan dalam surat suara yang dicetak di Purwokerto tersebut berisikan foto empat pasangan calon yang sudah disetujui dan ditetapkan.

Hal yang sama disampaikan Komisioner KPU Sumsel, Kelly Mariana. Ia menyebut, pencetakan surat suara untuk pemilukada Sumsel itu direncanakan dimulai pada Minggu ini (12/5) di Purwokerto, Jawa Tengah. “Hari ini, staf dari KPU Sumsel dan pihak keamanan akan berangkat ke Purwokerto untuk pencetakan surat suara tersebut,” tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor : Imron Supriyadi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster