Jembatan Air Busuk Terancam Amblas

jembatan-rusak

Jembatan Air Busuk Pagaralam | Foto : Antoni KS

PAGARALAM | KS- Jembatan Air Busuk, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, terancam amblas pasalnya, kondisi Jembatan tersebut kian hari kian menghawatirkan, karena keberadaan lubang besar berdiameter  sekitar 80 sentimenter ini dikhawatirkan akan semakin meluas dan mengakibatkan jembatan ambruk.

Yudi (40) warga setempat mengatakan, kondisi Jembatan Air Busuk sudah mengkhawatirkan dan rawan ambrukl karena tak kuat menahan beban kendaran yang lewat. “Sejauh ini kondisi lubang mengangga di badan jembatan semakin besar. Selain itu, kondisi ini sangat potensial sekali menjadi penyebab kecelakaan,” ungkapnya.

Dikatakannya, keberadaan bangunan Jembatan Air Busuk ini sudah

termakan usia. Namun hingga kini belum juga ada tanda-tanda

adanya perbaikan dari pemerintah, padahal kondisi saat ini selain meprihatinkan, keberadaan lubang mengganga tersebut sering kali menjadikan kawasan ini rawan macet.“Jembatan ini merupakan akses penghubung antara Pagaralam-Tanjung Sakti Kabupaten Lahat, namun hingga kini belum juga ada tanda-tanda akan diperbaiki,” bebernya.

Hal senada juga disampaikan Ketua RT 09, Sumar Wiguna, lubang pada Jembatan Air Busuk terjadi sekitar beberapa hari terakhir akibat sering diguyuri hujan deras hingga terjadi abrasi. Sementara jika diamati dari bawah jembatan, kondisi batu pondasi maupun dinding penahan jembatan yang ada sudah banyak amblas akibat sering diterjang arus deras dari hulu sungai.

“Sudah selayaknya Jembatan Air Busuk segera untuk di lakukan pembangunan kembali, mengingat kondisi yang ada sudah tidak layak

lagi,” ujarnya. Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pagaralam Ir. Cekhan membenarkan adanya  laporan mengenai

kerusakan badan jembatan Air Busuk, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan. Sejauh ini pihak Dinas PU Kota Pagaralam telah melakukan kroscek terhadap kondisi yang ada hingga memasang papan himbauan. “Sejauh ini, kita sedang melakukan pendataan terhadap sejumlah jembatan yang mengalami kerusakan,” ujarnya singkat.

TEKS         : ANTON STEFEN

EDITOR   : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com