Honda Gunakan Teknology Hybrid

honda-hybrid

Honda CRZ Hybrid | Foto : Net

PALEMBANG | KS – Honda semakin memacu  teknologi dengan menanamkan teknologi Hybrid di – mobil CR-Z,dimana  di balik bodi sportinya, mobil Honda CR-Z ternyata menyimpan teknologi  Hybrid yang berbeda dengan mobil hybrid lainnya.

Riko, Head Sales, PT Honda Maju Mobilindo Mein diler Honda Palembang mengatakan, teknology hybrid  pada CR-Z membantu mesin konvensional agar lebih berperforma. Tidak seperti hybrid lain, yang tidak bisa menyala sendiri meski tenaga baterainya penuh.

Secara umum hybrid ada dua tipe yakni hybrid paralel dan hybrid seri. Honda menyebut CR-Z adalah hybrid tipe seri, “Honda CR-Z diperkuat mesin 1.500 cc dan bisa melontarkan tenaga 120 Ps (untuk transmisi otomatis) sedangkan motor listriknya bertenaga 20 Ps.” Ungkapnya kemarin (10/5).

Jadi jika bekerja secara bersamaan, kedua mesinnya melontarkan tenaga 140 Ps, sehingga CR-Z lebih baik dalam berakselerasi. “Begitu kunci kontak diputar ke posisi On, mesin bensin konvensional-lah yang menyala” ungkapnya.

“Kinerjanya memang seperti itu. Jadi motor listrik hanya membantu dan tidak bisa menyala sendiri. Sejak kontak diputar ke On, juga mesin bensin yang nyala,” Ujarnya.

Pria tambun ini menambahkan, kelebihan lainnya adalah pada saat mobil melakukan pengereman, energi yang dihasilkan oleh mobil pada saat pengereman akan diubah oleh IMA untuk menjadi energi kinetik yang disimpan di dalam baterai.

“Sedangkan,kabin penumpang tidak melihat kursi elektrik seperti kendaraan mewah. Kursi penumpang dan pengendara diatur secara manual”ujarnya.

Honda CR-Z dilengkapi 3 mode berkendara (Econ, Normal, Sport) yang bisa diaktifkan sesuai keinginan dengan menekan tombol di sebelah kanan kemudi.  Dengan mode tersebut, karakter mesin CR-Z akan berubah secara drastis. “ Jika kurang, bisa tekan tombol Sport+, lampu indikator di speedometer bakal menyala dan mobil siap ‘digeber’.” Jelasnya.

Riko berujar,Anda dapat  menggunakan model Normal, fitur Auto Idle Stop bakal bekerja pada saat kendaraan berhenti. “Mesin bensin otomatis mati. Namun ketika pedal gas dilepas, dan pedal gas diinjak, mesin bensin secara otomatis bakal menyala. Jadi mobil bisa lebih irit BBM” ujarnya.

Untuk keselamatan Riko berkata, terdapat berbagai fitur keselamatan tersedia pada mobil ini, “Seperti sistem pengereman ABS, EBD dan BA serta di bagian interior yaitu front airbag, side airbag with OPDS, dan side curtain airbag,” tutupnya.

TEKS       : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA
 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com