Hadirkan Senyum Ditengah Masyarakat

manager-Rumah-zakat

Gustam Sunardi | Branch Manager Rumah Zakat | Foto : Dok KS

PALEMBANG, KS- Sejak delapan tahun dibuka cabang di Palembang, donasi yang diberikan donatur kepada Rumah Zakat setiap tahunnya terus meningkat. Peningkatan donasi itu, menunjukkan kian sadarnya masyarakat untuk berzakat.

Branch Manager Rumah Zakat Cabang Palembang, Gustam Sunardi menyebut, Rumah Zakat adalah salah satu lembaga amil zakat di Indonesia. “Kesadaran masyarakat Sumsel berzakat, cukup tinggi. Tahun lalu, donasi yang berhasil kami himpun dari donatur  mencapai Rp2,5 miliar. Ini artinya meningkat jika dibandingkan 2011, yang mencapai Rp2 miliar,” kata Gustam dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (10/5).

Ia menjelaskan Rumah Zakat berpusat di Bandung, saat ini sudah mempunyai 43 cabang di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Sumsel, binaan Rumah Zakat meliputi Palembang, Prabumulih, Banyuasin, dan Jambi.

“Untuk menghimpun donasi dari masyarakat, Rumah Zakat menyediakan pengadaan kotak super infak di apotik, rumah sakit, perusahaan, mall, pelayanan penjemputan ke rumah-rumah dan instansi serta via transfer rekening di bank-bank yang telah ditunjuk oleh Rumah Zakat,” ungkapnya.

Dari dana yang terkumpul tersebut sambungnya, disalurkan untuk berbagai program. Tahun ini sebutnya, ada empat program yang sedang dilaksanakan oleh Rumah Zakat, yakni Senyum Juara, Senyum Mandiri, Senyum Sehat, dan Senyum Lestari.

Dalam melaksanakan program kerjanya, Rumah Zakat bekerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti Perusahaan Gas Negara (PGN), Pertamina, Bank Indonesia (BI) sebagai donaturnya. Selain itu, ada donatur dari individu.

“Semua program ini diperuntukkan untuk membantu masyarakat, khususnya yang kurang beruntung. Program yang ditawarkan, seperti Senyum Juara memberikan bantuan pendidikan dan beasiswa ceria bagi siswa sampai mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan/atau berprestasi. Tidak hanya itu saja, tetapi juga kegiatan pembinaan keagamaan berkala,”bebernya.

Dikatakannya, Senyum Mandiri bagi usaha masyarakat kecil diberikan bantuan langsung berupa bantuan wirausaha, balai bina mandiri, dan pelatihan skill produktif. Untuk program Senyum Sehat berupa layanan ambulance gratis yang melayani pengantaran pasien atau jenazah sampai ke luar Kota Palembang.

Ditambahkan Gustam, program Senyum Lestari memberikan pelatihan pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Ada juga program water well,  yang merupakan pengadaan sarana air bersih dan sanitasi publik di wilayah binaan Rumah Zakat, seperti di Jakabaring.

Rumah Zakat juga urainya,  melakukan gerakan pembersihan dan penghijauan dengan penanaman pohon di halaman mesjid-mesjid di Palembang. Selain itu masih ada program lain, seperti pelatihan kampus relawan untuk mencetak relawan-relawan yang handal.

“Kami berharap kedepannya, akan banyak lagi berdiri lagi cabang-cabang Rumah Zakat di Sumsel dan akan menghadirkan lebih banyak lagi senyum masyarakat, seperti rumah bersalin gratis, menghadirkan sekolah juara gratis untuk masyarakat kurang mampu, pelayanan mobil keliling yang menyediakan buku-buku yang dalam hal ini membantu masyarakat gemar membaca yang dilengkapi audio-video edukasi,” tukasnya.

Teks     : Darwin Effendi

Editor  : Dicky Wahyudi

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com