21 Polisi Jadi Tersangka

 264 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS –  Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), menetapkan 21 anggotanya sebagai tersangka dalam kasus bentrokan berdarah yang terjadi di Kecamatan Muara Rupit, Kabupaten Musi Rawas (Mura) beberapa waktu lalu yang menewaskan empat warga.

Dari 21 anggota korps baju coklat yang ditetapkan sebagai tersangka itu menurut Kepala Bidang (Kabid) Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), AKBP R Djarod R Padakova, terdiri dua perwira dan 19 bintara.

“21 anggota kita, yang ditetapkan menjadi tersangka itu bertugas di Polres Mura dan Polsek Muara Rupit,” jelas Djarod kepada wartawan, Jumat (10/5)  di Mapolda Sumsel.

Ke 21 tersangka itu jelasnya, sudah menjalani pemeriksaan oleh tim dari Inspektur Umum (Irwasum) dan Kepala Divisi Propesi dan Pengamanan (Kadiv Propam).

Selain itu jelas perwira dengan pangkat melati dua di pundaknya itu, ada 67 anggota yang  diperiksa. Dari 67 anggota itulah, ditetapkan 21 anggota sebagai tersangka.

“Mereka melanggar Peraturan Kepala Polri (Perkap) Nomor 18 tahun 2006 tentang Pengendalian Massa. Mereka akan dikenakan beberapa pasal,  dengan sanksi berupa sanksi disiplin dan kode etik. Kalau dugaan pidana, belum ditemukan masih dalam proses,” bebernya.

Sebagai informasi, kerusuhan massa yang terjadi di Muara Rupit itu berawal dari aksi massa warga yang menuntut pemekaran Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Senin (29/4). Aksi itu dilakukan warga, sejak pukul 10.00 WIB sampai malam hari dengan cara memblokade Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Sekitar pukul 21.00 WIB, terjadi bentrokan antara warga dengan petugas yang hendak membubarkan aksi warga itu.  Bentrokan ini, berujung dengan tewasnya empat warga yakni Mitson (50), meninggal akibat luka tembak di dada kiri. Kemudian, Padila (45), meninggal dengan luka tembak di kepala. Rinto (17), mengalami luka tembak di dada kanan. Terakhir Suharto (17), mengalami luka tembak di kepala.

Akibat tewasnya empat warga tersebut, terjadi amuk massa. Dua Mapolsek di Mura yakni Mapolsek Muara Rupit dan Mapolsek Karang Dampu, habis dibakar massa.

Teks     : Oscar Ryzal

Editor  : Dicky Wahyudi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster