Ada Caleg antara Ijazah dan KTP tak Sesuai

 251 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS- Verifikasi terhadap kelengkapan administrasi calon anggota legislatif (caleg), yang di daftarkan partai politik (parpol) di Kota Palembang, sudah selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang.

Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyani yang dibincangi, kemarin menyebut, ada 600 bakal caleg yang di verifikasi kelengkapan administrasinya oleh KPU. Hasilnya, ada beberapa caleg yang syarat administrasinya belum lengkap.

“Hasil verifikasi, ada bakal caleg yang syarat administrasinya belum lengkap. Misalnya, surat keterangan kesehatan rohani. Selain itu, kita juga menemukan ada ijazah yang namanya tidak sesuai kartu tanda penduduk (KTP),” jelas Eftiyani.

Selain itu jelasnya, ada empat bakal caleg yang masih duduk sebagai anggota DPRD Kota Palembang namun pindah ke parpol lain. Empat bakal caleg itu sambungnya, bakal terancam dilakukan penggantian antar waktu (PAW). Namun KPU sebutnya sampai saat ini belum menerima surat PAW dari parpol asalnya. “KPU akan menyurati parpol, yang calegnya belum lengkap syarat administrasi. Syarat itu harus dilengkapi mulai 9-22 Mei mendatang,” tegasnya.

Sebagai informasi, ada 600 bakal caleg yang diajukan 12 parpol kepada KPU Kota Palembang yakni Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

600 bakal caleg itu, bakal memperebutkan 50 kursi di DPRD Kota Palembang yang terbagi atas lima daerah pemilihan (dapil) yaitu dapil I terdiri Kecamatan Sukarame, Alang-Alang Lebar (AAL), Ilir Timur (IT) I dan Kemuning. Kemudian dapil II terdiri Sako, Kalidoni, Sematang Borang dan IT II. Lalu dapil III yakni Seberang Ulu (SU) II dan Plaju.  Dapil IV terdiri Kertapati dan SU I, terakhir dapil V meliputi Bukit Kecil, Ilir Barat (IB) I, IB II dan Gandus.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor : Imron Supriyadi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster