Rakyat Wajib Pahami Tiga Perda Baru

 154 total views,  2 views today

BANYUASIN/KS- Masyarakat selayaknya selalu memahami Peraturan Daerah (perda) yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebab adanya perda itu keperuntukannya bukan hanya untuk kebijakan pemerintah saja, akan tetapi justru untuk kepentingan rakyat itu sendiri. Baru-baru ini, tiga Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banyuasin  di sosialisasikan pemerintah ke perangkat desa, kelurahan dan tokoh pemuda dan masyarakat di Kecamatan Talang Kelapa .

Ketiga perda itu,  yakni  perda nomor 16  tahun 2012 tentang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) desa dan perkotaan, perda nomor 22  tahun 2012 tentang pengolahan sampah, dan perda nomor 24 tahun 2012 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Camat Talang Kelapa Drs Yusrizal mengatakan, saat dibincangi media ini kemarin (7/5) di kantornya mengatakan bahwa  perda baru ini sangat penting bagi semua unsur baik itu pemerintahan maupun masyarakat, oleh karna itu kepada peserta hendaknya bisa memahami  isi perda dan memberikan informasi  ke pihak lainnya.

“Perdanya segera akan diberlakukan, makanya masyarakat harus memahami sehingga ke depan tidak melanggar,”katanya.

Diterangkannya bahwa peserta sosialisasi diambil dari perwakilan  12 desa dan kelurahan Kecamatan Talang Kelapa dimana mereka nantinya ikut mensosialisasi perda baru ini.

“Dari sosialisasi ini mereka diminta untuk memberikan informasi ke yang lain di desa dan kelurahan masing-masing ,”tukasnya.

Amshori Yunus,salah satu peserta sosialisasi asal Kelurahan Sukajadi mengharap masyarakat bisa mengerti isi perda.

“Adanya sosialisasi ini maka masyarakat bisa mengerti aturan daerah yang baru dan akan diterapkan, sehingga mereka  takut melakukan pelanggaran. Dan kalau ada aturannya maka akan mudah menerapkannya, bisa mengacu pada perda” terangnya.

Salah satu contoh perda yang baru yakni perda  nomor 22 tahun 2013 tentang pengolahan sampah, perda ini sangat penting sebab selama ini  beberapa titik wilayah di Kelurahan Sukajadi minim dalam pengolahan sampah.

Teks       : Diding Karnadi

Editor   : Mustaqiem Eska 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster