Penurunan Harga Gabah di Lampung Selatan

 366 total views,  2 views today

Lampung,KS- Harga gabah kering giling di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, menurun karena hasil panen petani melimpah pada musim rendeng (basah) saat ini.

“Harga gabah di petani Rp3.800 per kilogram musim panen ini dibandingkan sebelum panen Rp 4.200 per kilogram,” kata Slamet salah satu petani di Desa Kertosari Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan, Selasa (7/5).

Ia mengaku, produksi gabah hasil panen kali ini naik sesuai dengan harapan petani karena pasokan air mencukupi meskipun beberapa sawah sempat terendam banjir saat awal musim tanam.

“Harga gabah cenderung sama untuk gabah panjang maupun gabah bulat sesuai varietas yang ditanam petani,” kata dia.

Menurutnya, dalam sekali panen dari satu hektare lahan bisa menghasilkan gabah bersih dan kering sebanyak lima ton lebih pada musim rendeng. Sedangkan saat musim gadu paling banyak empat ton karena banyak lahan yang kekeringan tidak mendapatkan air.

Akibat harga gabah turun, kata dia, petani lebih banyak menyimpan dalam lumbung sementara waktu, dan menjualnya jika harga gabah naik.

“Petani menjual gabah saat tiba musim tanam berikutnya sampai harganya tinggi,”kata dia.

Sementara itu, petani di Desa Kedaton Kecamatan Kalianda, Hasim mengatakan harga gabah di wilayah itu turun dari kisaran harga Rp4.000 per kilogram menjadi Rp3.600 per kilogram saat musim panen ini.

Meskipun turun, kata dia, harga tersebut sudah lumayan karena adakalanya saat panen rendeng harga gabah bisa turun mencapai Rp3.000 per kilogram apalagi saat panen melimpah seperti saat ini.

“Tahun ini harga gabah cukup baik, meskipun harapan petani melebihi harga itu,” kata dia.

Ia mengharapkan, harga gabah bisa bertahan tinggi saat panen karena biaya tanam yang dikeluarkan petani sangat besar setiap musim tanam datang mulai biaya pengolahan tanah, pemupukan dan perawatan sampai panen. (Beritadaerah.com)

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster