Pelanggaran HAM Kasus Musirawas

 283 total views,  2 views today

HINGGA kini pengusutan atas kasus bentrok massa dengan polisi yang terjadi di Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas terus dilakukan. Beberapa waktu lalu tim dari Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) juga turun ke lokasi untuk melakukan investigasi. Mereka menemukan adanya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh polisi terkait penanganan demo yang menuntut pemekaran Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Apalagi penanganan demo tersebut berujung pada bentrok dan terjadi penembakan yang menjadi empat nyawa melayang dan puluhan orang lagi menderita luka-luka.

Berkaitan dengan kasus tersebut Kepolisian Daerah  (Polda)  Sumatera Selatan  memang terus mengembangkan adanya dugaan pelanggaran yang ditemukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia terkait bentrok di Kabupaten Musirawas  tersebut. Kita mengharapkan agar Polda benar mengusut dan mengembangkan

Kasus tersebut  sehingga ditemukan semua oknum yang terlibat  mendapatkan sanksi atau hukuman yang sepadan. Sebab prinsip keadilan itulah juga yang hingga saat ini dinantikan oleh rakyat. Baik keluarga mereka  yang menjadi  korban langsung hingga kehilangan nyawa maupun  maupun yang terluka. Sebab jika kasus itu tidak diusut tuntas maka luka-luka yang mereka rasakan makin mendalam. Bukan hanya luka-luka fisik tapi trauma batin yang membuat mereka makin kehilangan kepercayaan kepada institusi kepolisian.

Oleh karena itu kita sangat menunggu tindak lanjut dari niat baik yang disampaikan oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen (Pol) Saud Usman Nasution. Dia menegaskan  pihaknya akan menindaklanjuti dugaan pelanggaran HAM di Musirawas tersebut. Apapun statemen ata janji yang keluar dari pejabar sebenarnya bukan sesuatu yang tanpa nilai dan menguap begitu saja. Tetapi dia memiliki konsekuensi untuk dibuktikan dalam tindakan. Oleh karena rakyat sangat mengharapkan adanya tindakan nyata dan pengusutan kasus tersebut sebaik-baiknya sehingga penegakkan hokum dapat diwujudkan.

Apalagi Komnas HAM  telah menemukan adanya dugaan kesalahan prosedur dalam menangani bentrok yang mengakibatkan empat orang masyarakat tewas.

Saat itu Ketua Bidang Pemantauan dan Penyidikan Pelanggaran HAM, Natalius Pigai  telah menemui Kapolda untuk melaporkan temuan tersebut.
Dia mengatakan, pihaknya akan mendalami kasus tersebut, bila ada pelanggaran dari anggota akan ditindak sebagaimana hukum yang berlaku.
Di sisi lain kita mengharapkan  kondisi keamanan di wilayah Musirawas  makin  kondusif dan kegiatan masyarakat  dapat berjalan seperti biasa.

Kita juga mengharapkan kepada semua pihak  jangan mudah terpancing isu yang belum tentu kebenarannya karena sekarang ini kasus tersebut masih didalami.

Dengan demikian kasus tersebut dapat ditangani dengan baik  dan memberikan efek lega bagi masyarakat semuanya. Lebih-lebih lagi dalam perspektif ke depan kita mengharapkan kasus serupa jangan sampai terjadi di mana di seluruh pelosok negeri ini.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster