Pajak Parkir Over Target

PALEMBANG,KS- Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Palembang, nampaknya bisa sedikit tersenyum. Pasalnya, sejumlah pajak daerah dari beban yang ditargetkan sudah mulai terealisasi.

Kepala Dispenda Kota Palembang, Sumaiyah melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembagian dan Pengembangan Pajak, H Oktorianis Mahmud menyebut, ada 12 pajak yang pencapaiannya sudah sesuai target.

Dari 12 jenis pajak tersebut, penerimaan dari parkir yang terbesar. “Sampai April, pajak parkir sudah over target yakni mencapai 114 persen. Pajak parkir tahun ini ditargetkan Rp5 miliar, sudah terealisasi Rp5,5 miliar,” jelas Oktorianis ketika dibincangi, Selasa (7/5) di ruang kerjanya.

Pendapatan asli daerah (PAD) dari parkir ini sebut dia, sebenarnya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang dipatok Rp4 miliar.  Cepatnya realisasi target pajak dari parkir itu kata Oktorianis, disebabkan tunggakan retribusi parkir dari sejumlah pengelola parkir di 2012 lalu baru dibayarkan di tahun ini.

“Namun masih banyak pengelola parkir, yang belum melunasi tunggakannya seperti Palembang Square (PS) mempunyai hutang parkir di tahun 2012 yang lalu mencapai Rp 150. Begitu juga dengan Palembang Trade Center (PTC), dan beberapa pengelola parkir lainnya,” bebernya.

Sementara penerimaan dari pajak lainnya seperti pajak hotel, dari target Rp23 miliar sudah terealisasi Rp8  miliar. Sementara pajak restoran target Rp 31 miliar realisasinya Rp10 miliar, pajak hiburan target Rp7 miliar, realisasinya Rp2 miliar.  Kemudian pajak reklame dari target Rp9 miliar, realisasinya Rp2,9 miliar.

Lalu pajak penerangan jalan PLN Rp73 miliar, realisasinya kisaran Rp20 miliar. Pajak penerangan jalan non PLN Rp2 miliar realisasinya kisaran Rp665 juta, pajak air tanah Rp8 miliar realisasi Rp4,5 miliar. Kemudian pajak sarang burung walet Rp50 juta realisasinya Rp14 juta, pajak mineral bukan logam dan batuan Rp1 miliar realisasinya Rp101 juta.

Kemudian pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan Rp83 miliar terealisasi Rp3,1 miliar, yang terakhir pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan Rp80 miliar sudah terealisasi Rp20 miliar.

“Dari total penerimaan pajak tersebut, sudah terkumpul Rp333 miliar. Kami yakin, bisa mencapai target pajak 2013 bahkan bisa over target. Pencapaian sekarang saja, sudah melebihi penerimaan di 2012 lalu yang mencapai Rp287 miliar,” imbuhnya.

“Kami terus berupaya mendorong meningkatnya pendapatan dari sektor pajak ini, semakin besar pendapatan pajak tentunya pembangunan di Kota Palembang juga akan terus berkembang,”tukasnya.

Teks        : Alam Trie Putera

Editor    : Dicky Wahyudi

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com