Operasi Simpatik 2013, Tekan Angka Kecelakaan

 222 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS-  Kian waktu, pengguna jalan semakin ramai. Namun sayang, dari pantauan Kabar Sumatera, kesadaran berdisiplin lalu lintas bagi para pengguna dirasa masih kurang. Lemahnya kesadaran berlalulintas yang baik ini sangat mengakibatkan menguatnya potensi terjadinya kecelakaan. Karenanya, dalam rangka upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas tersebut, serta target pembelajaran kepada masyarakat dalam memupuk tingkat kesadaran berlalu lintas, Jajaran Kepolisian Resort (Polres)  Kota Pagaralam membuka operasi simpatik yang diawali gelar pasukan di halaman Mapolres Kota Pagaralam, Kompleks Perkantoran Gunung Gare, Selasa (7/5).

Kepala Kepolisian Resort Kota  Pagaralam, AKBP Raden Hendarwan SIK di hadapan wartawan, bahwa kegiatan operasi simpatik ini bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan maupun ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Operasi simpatik ini digelar dari tanggal 7 – 27 Mei 2013.  Adapun kegiatan ini lebih mengutamakan berbagai hal yang bersifat preventif, edukatif, maupun melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas secara selektif dengan memprioritaskan  bagi pengemudi yang berpotensi sebagai menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Prosesi pelaksanaan operasi ini nantinya akan mengutamakan tindakan preventif atau imbauan, dengan kata lain  para petugas dilapangan tidak asal tilang begitu saja. Namun pastinya kita tetap akan memberi tahu apakah ada kesalahan ataupun pelanggaran, karena operasi ini masih bersifat simpatik,” terangnya.

Lebih jauh dikatakan KapoIres, memang tingkat kesadaran  masyarakat terhadap ketetiban berlalu lintas  masih tergolong cukup rendah, mengingat  masih tingginya angka kecelakaan  dalam akhir-akhir ini.

“Kegiatan ini digelar secara langsung  ke lapangan dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat maupun langsung melakukan razia simpatik, meskipun masih sebatas memberikan teguran  maupun peringatan kepada masyarakat yang masih melanggar,” kata Hendarwan.

Ditambahkannya, melalui pelaksanaan operasi simpatik ini, pihaknya sangat berharap kepada masyarakat agar dapat memahami berbagai tata cara berlalu lintas maupun peraturan yang berlaku guna terwujudnya suatu kepercayaan masyarakat terhadap Polri khususnya polisi lalu lintas.

“Semoga operasi ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas yang baik, serta tidak ada lagi pengemudi mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan,” tegasnya.

Teks        : Antoni Stefen

Editor    : Mustaqiem Eska

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster