Jasa Pencucian Helm, Makin Menjanjikan

 224 total views,  2 views today

 PALEMBANG, KSSeiring dengan banyaknya jumlah pengendaraan sepeda motor di Sumatera Selatan, menjadi berkah tersendiri bagi sebagian orang yang pintar menangkap peluang usaha dan jeli melihat pangsa pasar untuk mendapatkan uang, seperti yang Unawan (30) yang pintar membaca peluang tersebut dengan membuka usaha pencucian Helmdi Jl srijaya Negara No 27 A Bukit Besar Palembang.

Pria yang memulai usahanya sejak Januari 2010 lalu ini mengutarakan, Dengan bermodalkan uang sekitar Rp 10 juta, dirinya memberanikan diri menginvestasikan uangnnya di usaha ini. Menurutnya, pemilik kendaraan roda dua semakin hari semakin bertambah jika diasumsikan , masyarakat kota Palembang yang memiliki kendaraan sepeda motor ada 1 juta jiwa, kalau masing-masing pengendara memiliki 2 helm berarti ada 2 juta helm di Palembang yang dapat dijadikan ladang uang.

Dikatakannya, uang tersebut digunakan untuk membeli berbagai peralatan dan perlengkapan seperti, alat pengering, Vacum, cairan pencuci dan pewangi. “Selebihnya kami bayarkan untuk sewa tempat, maklum saja kalau mendirikan sendiri biayanya lebih besar,”ungkapnya.

Waktu itu, dia mengakui memang belum banyak yang tahu kalau di Bukit ada tempat pencucian helm, namanya juga baru berdiri. “Waduh kak, pertama kali berdiri kemarin Cuma ada satu orang saja yang mencuci helmnya di sini, hari kedua nambah satu orang lagi, mungkin baru hari ke seratus baru banyak orang datang ke sini,”ujarnya sambil bercanda.

Dia juga mengatakan, mendirikan usaha ini dengan sistem kongsian bersama tiga orang temannya. Di mana ada satu orang temannya di Jakarta yang memang memasok perlengkapan dan cairan pembersih helm. “Memang saya belajar dari teman di Jakarta yang sudah sukses, nah kalau di Palembang ini rasanya saya adalah orang yang pertama kali merintis usaha pencucian helm,”klaim Gunawan.

Pria dengan badan tegap ini menambahkan, selama masa promosi, untuk satu kali pencucian helm dikenakan tarif Rp 13.000, dijamin bersih dan tidak lama. Setelah lewat masa promosi ke depannya untuk per helm dikenakan bayaran sekitar Rp 15.000. “Jangan takut, helmnya aman dan tidak bakalan rusak ditambah lagi paling lama menunggunya 1 jam,”imbuhnya.

Proses pencucian helm sendiri, menurut Gunawan langkah pertama ialah membasahi helm kemudian di campur dengan cairan , setelah itu di vacum dan dimasukkan dalam alat pengeringan hingga kering.

Disinggung mengenai prospek usaha ini kedepannya dia mengatakan dengan nada rendah kemungkinan besar pangsa pasarnya akan terus berkembang. “Saya juga berkeinginan membuka cabang di palembang bermodalkan niat dan tetap semangat serta menjalani saja dengan santai, sebab urusan rejeki sudah ada yang mengaturnya,”kata Gunawan.

TEKS : ROMI MARADONA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster