Harus Tetap Optimis

 276 total views,  2 views today

TRI-CAHYONO,-SH,-M.Si

TRI CAHYONO, SH, M.Si

PALEMBANG, KS-  Bersakit-sakitlah dahulu, bersenang-senang kemudian. Kata-kata bijak inilah yang mungkin pas, menggambarkan perjalan hidup Tri Cahyono. Tri begitu ia biasa disapa, meniti karirnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dari nol.

Pahit manis, dilalui oleh pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Lurah Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL) ini.  Dibincangi di ruang kerjanya, warga Jalan Tri Sukses, Rt 32 Rw 10, Kelurahan Srijaya ini mengaku, karir yang dirintisnya tidaklah mudah.

Pria kelahiran Palembang, Palembang, 31 Desember 1980 ini memulai karirnya sebagai abdi negara dari golongan 1B. Saat itu kata alumni Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIPADA) Palembang ini, ia mengikuti seleksi Calon Pengawasi Negeri Sipil (CPNS) dengan mengandalkan ijazah SMP.

Namun nasib baik menaunginya, ia diterima sebagai PNS dan ditugaskan di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang. “Saat itu, gaji yang saya terima perbulannya masih kecil. Dengan gaji itu, harus menghidupi istri,” kenang Tri.

Namun walau hidup pas-pasan, semangat untuk melanjutkan pendidikan terus dibangunnya. Saat semester IV kata Tri,  ia nyaris putus kuliah. “Saat itu, saya butuh biaya untuk membayar SPP. Sementara istri hendak melahirkan, mau tidak mau akhirnya sepeda motor milik saya dijual,” ungkapnya.

Namun masa-masa sulit itu, berhasil dilaluinya. Tri akhirnya berhasil menyandang gelar sarjana hukum (SH). “Hidup ini, pasti ada masalah. Namun kita harus tetap optimis bisa melaluinya. Itu juga yang selalu saya bangun dalam hati, hingga akhirnya bisa melalui semuanya, “ ungkap alumni pasca sarja Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Chandradimuka, Palembang tersebut.

Teks       : Wardoyo

Editor   : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster