Hama Serang 28 Hektare Tanaman Padi di Langkat

 220 total views,  2 views today

Langkat,KS- Seluas 28 hektare dari luas pertanaman 7.049 hektare padi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, terserang hama putih palsu, tikus, walang sangit, dan kresek, namun masih bisa dikendalikan.

“Ada serangan hama di beberapa lahan padi petani yang ada di berbagai kecamatan,” kata Kordinator Organisme Pengganggu Tanaman, Miswandi di Stabat, Selasa(7/5).

Terluas serangan hama putih palsu 9,3 hektare di kecamatan Salapian, Sirapit, Batang Serangan dan Bahorok.

Sementara untuk hama lainnya seperti walang sangit seluas enam hektare di kecamatan Sirapit, Hinai, sementara seangan tikus seluas empat hektare di Sei Bingei.

Miswandi juga menjelaskan selain itu hama lainnya seperti kresek juga menyerang tanaman padi petani seluas 3,5 hektare, lalat daun seluas dua hektare dan orong-orong seluas 1,5 hektare.

Secara terpisah Kepala Seksi Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman Hermanto yang ditemui menjelaskan ada juga serangan hama pada tanaman lainnya seperti jagung seluas 6,8 hektare.

Selain itu hama juga menyerang tanaman kacang tanah seluas 4,5 hektare dan ubi kayu seluas satu hektare.

“Terhadap serangan hama tersebut sudah dilakukan upaya pengendaliannya di lapangan oleh petani maupun petugas penyuluh lapangan,”katanya.

Pengendalian yang dilakukan dengan memberikan berbagai obat-obatan, agar hama tidak semakin luas menyerang tanaman padi, maupun tanaman jagung, kacang tanah dan ubi kayu.

Hermanto juga menjelaskan bahwa untuk tanaman hortikultura juga terjadi serangan hama, namun tidak meluas. Tanaman holrikultura yang diserang hama tersebut yakni tanaman cabai, kacang panjang, gambas, semangka, pepaya dan pisang.(Beritadaerah.com)

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster