Uji Coba Car Free Day Ditunda

 246 total views,  2 views today

car-rfee-dayPALEMBANG, KS-Rencana Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, untuk melakukan uji coba hari bebas kendaraan (car free day) di Jalan Jendral Sudirman, dengan rute Bundaran Air mancur (BAM) Masjid Agung sampai depan Pasar Cinde Palembang, ditunda hingga Juni mendatang.

Penundaan itu menurut Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang Kombes Pol Arief Fitrianto menyebut, Polresta masih mencari waktu yang tepat untuk pelaksanaan uji coba tersebut.

“Kita akan melakukan koordinasi lebih dahulu, dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Forum Lalu Lintas. Selain itu, sosialisasi perlu dilakukan kepada masyarakat karena mereka yang akan menggunakannya,” kata Arief dibincangi, kemarin di Balai Kota Palembang.

Di tanya mengapa memilih Jalan Jendral Sudirman, sebagai kawasan bebas kendaraan. Bukankah itu, adalah jalan protokol yang padat lalu lintas ?, Arief menyebut, lokasi itu dipilih karena paling strategis.

“Kawasan Sudirman, paling pas untuk hari bebas kendaraan karena letaknya strategis. Selain itu, aksesnya sangat mudah di jangkau karena itu jalan utama,” jelasnya.

Apakah tidak akan menyebabkan kemacetan ?, Arief menjawab, hari bebas kendaraan itu dilaksanakan pada hari minggu. “Hari itu, aktivitas warga tidak terlalu banyak, sehingga tidak akan menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, konsep ini sudah diterapkan di Jakarta dan berhasil. Ia yakin, jika di ibu kota negara saja bisa kenapa Palembang tidak bisa padahal tingkat kepadatan lalu lintas di Jakarta lebih parah dibandingkan Palembang. “Selama ini, baru di kawasan Kambang Iwak saja diterapkan sebagai kawasan car free day. Makanya akan kita tambah di Jalan Jend Sudirman, kedepannya juga akan diterapkan di Jalan POM IX,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Transportasi Jalan dan Rel Dishub Kota Palembang, Agus Suprianto mengatakan, penerapan kawasan bebas kendaraan di Jalan Jend Sudirman, adalah kawasan kedua setelah Kambang Iwak (KI).

“Saat ini, di kawasan KI sudah terlalu ramai dan padat. Makanya kita perluas lagi jalurnya, nantinya mulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB di jalur itu akan bebas dari kendaraan bermotor,” imbuhnya.

Agus mengatakan, dishub akan segera keluarkan surat edaran ke pengusaha bus kota dan PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), sebagai operator bus rapid transit (BRT) Trans Musi terkait kebijakan tersebut.

“Kita akan sosialisasikan itu,  ke pengusaha oto bus dan SP2J sehingga saat diterapkan tidak ada kendaraan yang melintas di kawasan bebas kendaraan bermotor pada hari Minggu,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster