Sampah “Menggunung” di Talang Kelapa

 1,242 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS– Pemandangan tak sedap, tersaji jika melintas di jalan masuk Kompleks Perumnas Talang Kepala, Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL), Palembang. Tumpukan sampah yang menggunung, dibiarkan begitu saja ditepi jalan.

Bau busuk yang menyengat, ditambah lalat berkeliaran menjadi pemandangan biasa di kawasan tersebut. Kondisi ini menurut Sekretaris Lurah Talang Kepala, Tri Cahyono disebabkan kesadaran warga yang rendah.

Warga kata Tri, masih sering membuang sampah sembarangan. “Selain itu, tidak ada tempat pembuangan sementara (TPS) juga menjadi penyebab menumpuknya sampah disana. Sebenarnya lokasi TPS sudah ada, yakni di sekitar SMAN 22 . Namun belum bisa digunakan,” jelas Tri ketika dihubungi, Minggu (5/4).

Sementara Camat AAL, Sulaiman Amin ketika dihubungi menganggap wajar jika ada tumpukan sampah di wilayah yang dipimpinannya itu. Alasannya, warga di Prumnas Talang Kelapa terbilang padat penduduknya. “Penduduknya padat, sementara sampah itu hanya diangkut sekali sehari. Wajar jika ada penumpukan sampah,” ungkapnya.

Namun menurut Kepala Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, Kemas Abu Bakar,  harusnya pemerintah setempat menyediakan tempat pengelolaan sampah maupun TPS.

Itu kata Abu Bakar, adalah kewajiban pemerintah setempat dalam hal ini kecamatan atau pihak kelurahan. “Setiap kompleks dengan jumlah minimal 50 unit rumah, wajib menyediakan TPS dengan ukuran 20X40 meter agar sampah tersebut langsung dapat diangkut tanpa mengotori lingkungan,” jelas Abu Bakar.

Kewajiban itu tegasnya, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 2008 dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang Nomor 27 tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah.

Teks              : Wardoyo

Editor           : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster