Warga Keberatan Harga BBM Naik

 230 total views,  2 views today

HARGA-BBM

Ilustrasi SPBU | Foto : Dok KS

PALEMBANG, KS-Pemerintah mulai 1 Mei, akan menerapkan kebijakan baru untuk harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi khususnya premium. Dua harga akan diterapkan, untuk premium yakni Rp4.500 untuk sepeda motor dan Rp6.500 untuk kendaraan roda empat.

Sejumlah warga yang dibincangi Kabar Sumatera, Selasa (30/4), mengeluhkan kebijakan tersebut.  Ainun (28), warga Jalan Pertahanan, Plaju menyebut kebijakan itu tidak tepat walaupun harga BBM yang naik hanya untuk kendaraan roda empat saja. “Walau harga premium untuk mobil saja, yang naik namun tetap saja akan memicu kenaikan harga kebutuhan sehari-hari,” kata Ainun.

Ia yakin, harga sembilan kebutuhan pokok pasti akan ikut naik seiring dengan kenaikan harga BBM subsidi tersebut. Tidak hanya harga sembako, harga barang-barang elektronik menurutnya juga naik.

“Contohnya harga lemari es, beberapa hari yang lalu saya mau beli harganya naik. Padahal Maret lalu, harganya masih normal. Ketika ada rencana BBM naik, harganya naik. Sedangkan penghasilan kami tidak ikut naik,” ungkap karyawan swasta ini.

Sementara itu Sabah (45), salah satu pengendara kendaraan roda empat yang dibincangi Kabar Sumatera mengaku kenaikan harga BBM itu memberatkan pemilik kendaraan pribadi. Apalagi dengan kenaikan BBM, harga kebutuhan sehari-hari sebutnya juga akan ikut naik.

“Jika memang alasan kenaikan karena, subsidi besarnya subsidi yang harus ditanggung pemerintah bukan dengan cara menaikkan harga BBM. Melainkan pembetasan kepemilikan kendaraan,” kata Sabah yang dibincangi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, kemarin.

Namun pendapat berbeda dikatakan Agus. Ia menyebut, kenaikan BBM itu memang sudah sepatutnya dilakukan. Sebab kata Agus, tidak adil BBM yang di subsidi ikut dinikmati warga yang mampu.

“Wajar, jika harga BBM untuk kendaraan roda empat naik. Mereka seharusnya, memang tidak layak membeli BBM subsidi. Kita juga, tidak mungkin terus menerus menikmati subsidi pemerintah,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putera

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster