Ribuan KTP Elektronik Warga Palembang Hilang

PALEMBANG, KS– Ribuan kartu tanda penduduk elektronik warga Kota Palembang hilang yang dilaporkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, kata Kepala Bidang Data dan Evaluasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Palembang, Junaidi, Selasa.

Menurut dia, sedikitnya 2.200 warga Kota Palembang melaporkan kehilangan KTP elektronik sehingga untuk mendapatkan kembali mesti melalui tahapan yang cukup panjang.

Karena itu, pihaknya mengimbau agar warga Kota Palembang berhati-hati dalam menyimpan kartu tanda jati diri tersebut.

Ia mengatakan, butuh proses cukup panjang dimana ketika kehilangan harus melaporkan ke kepolisian dan meminta kartu tanda penduduk sementara di kecamatan.

Selanjutnya, warga baru bisa melaporkan kehilangan KTP elektronik itu ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat untuk dikirim ke Jakarta kemudian perlu proses sampai diperbolehkannya kembali berfoto ulang guna mendapatkan kartu baru.

Dia menambahkan, sangat disayangkan, belum selesai pencetakan kartu tanda penduduk elektronik tersebut tetapi sudah ribuan warga yang kehilangan.

Masyarakat diimbau untuk menjaga dan menyimpan dengan baik kartu identitas diri tersebut.

Sementara sampai kini, dari 915.417 jiwa warga yang merekam data KTP elektronik sejak tahun 2012 hampir 99 persen telah selesai dan dalam proses pendistribusian.

Perekaman data KTP elektronik sampai kini masih terus dilaksanakan dan bebas biaya hingga 31 Desember 2013.

 

Teks      : Junaidi Abdillah

Editor   : Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com