“Katanya 30 Menit, Kok 7 Hari”

 241 total views,  2 views today

akta-kelahiran

Ilustrasi Akta Lahir | Foto : Net

PALEMBANG, KS-Proses pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, dikeluhkan warga karena lamban. Untuk membuat akta kelahiran itu, dibutuhkan waktu sampai satu minggu lamanya padahal pengumuman yang dibuat dan dipasang Dukcapil untuk pembuatan akta kelahiran ini hanya butuh 30 menit saja.

“Lama dek, saya sudah membuat akta kelahiran untuk anak saya yang berusia 21 hari sejak Kamis (25/4) lalu. Namun tadi, saat saya cek kata petugas belum selesai,” keluh Hidayat, salah satu warga yang dibincangi Kabar Sumatera di Disdukcapil Kota Palembang, Selasa (30/4).

Padahal kata bapak satu orang anak ini, semua syarat sudah dipenuhinya dan diserahkan  kepada staf yang bertugas. “Saya juga tidak tahu, kenapa lamban. Katanya di pengumuman hanya 30 menit, kok 7 hari belum selesai juga,” kata Hidayat.

Senada dengan Hidayat, Nasrul juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, berkas yang ia serahkan ke petugas di loket pendaftaran pembuatan akta kelahiran sudah lengkap mulai dari fhoto copy kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) sampai dengan surat keterangan lahir dan surat nikah.  “Berkas saya sudah lengkap semuanya, apalagi yang harus di tunggu. Tetapi namanya kita butuh, ya mau tidak mau harus bersabar,” sebut Nasrul.

Pantauan Kabar Sumatera sendiri,  di kantor dinas tersebut terdapat dua loket. Loket pertama adalah loket pendaftaran, kemudian loket pengambilan. Berdasarkan pengumuman yang dipasang di Dukcapil, prosedur yang harus dipenuhi warga untuk membuat akta kelahiran tersebut harus melampirkan kelengkapan berkas.

Yakni foto copy KTP orang tua, KK, surat nikah orang tua, surat keterangan kelahiran. Semua berkas itu, disampaikan pemohon ke loket pendaftaran. Disana pemohon, harus mengisi formulir.  Setelah formulir di isi, pemohon ke loket pembayaran denda jika akta kelahiran yang diajukan melebihi syarat umur yang ditentukan.

Berkas pemohon itu, kemudian akan disampaikan ke bidang pelayanan. Selama 5 menit disana, berkas  akan dicatat dan di periksa kelengkapan serta lainnya. Kemudian disampaikan ke operator pengetikan. Disini, dibutuhkan waktu 10 menit kemudian akta kelahiran akan di print out.

Selanjutnya print out itu, diteruskan ke Seksi Kelahiran untuk diperiksa kutipan sesuai buku akta. Prosesnya membutuhkan waktu 5 menit. Setelah selesai, disampaikan ke Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan untuk mendapatkan persetujuan ditandatangani, dengan waktu 5 menit. Barulah kemudian disampaikan kepala dinas untuk ditandatangani. Proses ini memakan waktu 5 menit, barulah setelah itu akta bisa diambil pemohon. Sehingga dari alur pembuatan itu,  waktu pembuatan akta kelahiran hanya menghabiskan waktu 30 menit saja.

Sementnara itu Kabid Pelayanan dan Pencatatan Dukcapil Kota Palembang Rolina saat dikonfirmasi melalui handphonennya, belum bisa memberikan keterangan. Ia beralasan masih ada di luar kota.  “Saya masih ada urusan di Jakarta, Jumat sore baru pulang, Senin nanti temui lagi di kantor,” ujarnya.

Teks   : Alam Trie Putera

Editor : Dicky Wahyudi             





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster