338 CJH Diimbau Ikut Manasik Haji

MARTAPURA, KSKantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU Timur (OKUT) saat ini sedang melakukan kegiatan manasik haji mandiri yang diperuntukan bagi jamaah yang akan berangkat pada tahun 2013 ini. Untuk itu, pihak Kankemenag setempat menghimbau kepada 388 orang Calon Jemaah Haji (CJH) yang akan berangkat untuk dapat mengikuti kegiatan manasik tersebut.

“Jumlah jamaah haji yang akan berangkat tahun 2013 ini sebanyak 388 orang jamaah. Dan saat ini kita sedang melakukan kegiatan manasik haji mandiri untuk jamaah yang akan berangkat ini,” ungkap Kasubag TU Kankemenag OKUT, Budiman S.Pd.I, Selasa  (30/4/2013)  kemarin.

Dikatakan Budiman, kegiatan manasik haji ini sendiri dilaksanakan satu kali dalam seminggu dikantor Kankemenag serta dan juga diikuti oleh empat KBIH yang ada di OKUT.

“Manasik ini dilaksanakan dikantor setiap hari rabu dan di empat KBIH yaitu, Al-amanah di Desa Sukaraja,Ad-daut diwilayah tanah merah Belitang, Al-iklas mandiri di BK 10 dan semuanya sudah terjadwal,” terangnya.

Untuk itu, dirinya menegaskan kepada seluruh jamaah yang akan berangkat untuk dapat mengikuti manasik haji ini, karena tidak ada pengutan biaya apapun dari pihak terkait.

Budiman juga menerangkan, manasik haji yang dilakukan tersebut bertujuan agar jemaah dalam berangkat nanti sudah mengerti syarat dan rukun selama dalam kegiatan haji di Mekah/Madinah.

“Selain itu, kita juga menyarankan agar jamaah harus bisa menjaga kesehatan mulai sejak dini, dan banyak-banyak membaca ayat-ayat Al quran dan menghafal do’a-do’a yang mereka butuhkan. Karena alangkah baiknya jika jamaah sudah ada pengetahuan sendiri, meskipun sudah ada pembimbingnya,” kata Budiman.

Tidak hanya melakukan manasik haji saja, tambahnya,  saat ini juga kantor Kemenag sedang mempersiapkan berkas persyarat pembuatan paspor bagi jamaah yang akan berangkat pada tahun ini.

Sementara jumlah daftar tunggu Calon Jamaah Haji OKU Timur sendiri, sampai dengan hari ini (Selasa,30/4/2013) sebanyak lebih kurang 5000 jamaah. “Karena rata-rata yang mendaftar pertahunnya mencapai 500 orang calon jemaah haji,” imbuhnya.

 

Teks       : Muslim

Editor    : Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com