Emas Turun Lagi

 301 total views,  4 views today

PALEMBANG | KS Turunnya harga emas dimanfaatkan sebagian warga  Palembang untuk membeli logam mulia itu untuk disimpan sebagai investasi karena yakin nanti harga akan naik lagi.

“Mumpung murah seperti inilah saatnya kita membeli emas untuk tabungan, jadi nanti bisa dijual dan mendapatkan untung ketika harga emas naik,” kata  Anis salah seorang pembeli emas di Pasar 16 Ilir .

Menurut dia biasanya harga emas di atas Rp 500 ribu per gram, sekarang jatuh menjadi Rp 430 ribuan per gramnya.

Anis mengaku tidak ragu untuk membeli emas saat harga turun seperti sekarang karena kondisi seperti ini memang sering terjadi.

Meski tidak tahu persis penyebabnya, namun dia yakin nanti harga emas akan kembali melambung sehingga akan menguntungkan jika menjualnya kembali.

“Buktinya bertahun-tahun ini belum ada harga emas yang sampai benar-benar anjlok dan tidak naik-naik lagi,”kata dia.

Dia menambahkan biasanya, harga anjlok misalnya karena dolar turun, namun beberapa waktu kemudian harga emas akan kembali tinggi. Saya juga tidak membeli dalam jumlah banyak, ya seadanya uang tabungan saya saja.
Anyong , pemilik salah satu toko emas menilai turunnya harga emas saat ini masih dalam batas kewajaran. Bahkan dia yakin dalam waktu dekat harga emas akan kembali naik dan stabil seperti sebelumnya.

Sebelumnya harga emas batangan kami jual Rp 510 ribu per gram, tapi perlahan turun menjadi Rp 500 ribu, bahkan seminggu terakhir ini harganya turun jauh menjadi Rp 430 ribu.

“Penjualan emas dan perhiasan di toko kami relatif stabil dan belum menunjukkan pengurangan berarti. Terakhir kami pantau harga emas batangan kembali menguat dan dijual dengan harga 450 ribu rupiah pergramnya,”katanya.

Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab turunnya harga emas yang kemudian juga berpengaruh terhadap harga perhiasan emas yang juga ikut turun. Emas dan perhiasan yang dijualnya harus diturunkan harganya demi tetap mendapat pembeli.

Dia menduga turunnya harga emas akibat inflasi global sehingga membuat orang ramai-ramai menjual emas karena khawatir harga akan terus anjlok. Kemungkinan lainnya adalah pergolakan harga emas dunia yang belum stabil karena pengaruh kurs dolar yang juga berpengaruh pada nilai jual emas di pasaran.

Jika sebekumnya harga emas kadar 999 (emas Amerika) di jual dengan harga Rp530 ribu pergram, seminggu kemudian turun menjadi Rp 520 ribu, kemudian turun lagi di kisaran Rp 480 ribu per gram. Emas kadar 750 (emas putih) dari harga jual Rp 450 ribu per gram, kini dilepas dengan harga Rp 420 ribu per gram.

Sedangkan emas Singapura (emas kadar 700) yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 420 ribu, turun menjadi  Rp400 ribu  pergram.

“Hanya emas kadar 420 yang terbilang stabil karena dalam sebulan terakhir harganya hanya turun Rp 10 ribu dari harga Rp250 ribu menjadi Rp 240 ribu per gramnya” tutupnya





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster